Thursday, January 24, 2008

Rebah dalam Roh atau Kedagingan? (Untuk Kalangan Kristen - Daud Tony)

Pernah suatu kali saya berkhotbah di suatu gereja yang penuh. Saya katakan waktu itu kepada jemaat yang berdiri,”Saudara, angkat tanganmu semua.” Kita semua tahu ada orang-orang yang rebah karena didorong oleh pendeta. Ditumpangi tangan, diusap-usap sambil didorong sedikit, sampai goyang dan rebah. Itu kedagingan. Menjadi tradisi atau ritual saja. Jadi sewaktu saya berdoa, wah rebah semua.

Tiba-tiba Tuhan berkata kepada saya,”Daud, ini bukan rebah dalam hadirat-Ku, tetapi karena tradisi.”

“Apa yang harus saya lakukan, Tuhan?”

“Jangan ada yang menopang mereka saat rebah.”

Biasanya usher akan sibuk berjaga di belakang jemaat, yang diperkirakan akan jatuh. Saya pikir, ada baiknya saya menguji ini suara Tuhan atau bukan.

“Kalian yang maju ke depan, perlu kalian tahu, usher-usher yang kadang memegangi dari belakang, saya minta tidak boleh ada yang memegangi; kalau ada yang rebah bukan dari Tuhan, benjol-benjol, jangan salahkan saya.” (Tidak ada yang rebah)

Yang ketiga, akhirnya Tuhan berbicara lagi dengan saya,

“Sekarang, engkau akan tahu hadirat-Ku yang sejati.”

Wah, langsung saya berkata,”Kalian semua yang ingin berdiri, berdirilah semua. Kalian yang ingin tetap duduk, duduklah.”(Ada yang duduk, ada yang berdiri) “Tuhan, ini urusan-Mu. Kalau tidak mau melawat, ya sudah, hari ini khotbahku selesai.”

Saya mau turun dari mimbar saat saya dengar bunyi orang berjatuhan. Saya bingung. Lho, pendetanya yang tadi ikut menumpangkan tangan, juga ikut rebah.

Saya katakan, jangan memasukkan unsur kedagingan dalam gerakan Tuhan. Kalau Tuhan memang mau rebahkan, orang-orang itu pasti akan rebah. Tetapi kalau Tuhan tidak rebahkan, dia tidak akan rebah selama tidak didorong dahinya. Sudah ditumpangi tangan, tidak usah didorong lagi.


10 comments:

Anonymous said...

setuju, rebah seharusnya ga perlu di jagain. bagaimana kalo yg rebah 10.000 orang, apakah harus ada 10.000 orang lagi yg jaga?

Anonymous said...

iya ya. bagaimana kalo yg rebah satu stadion senayan. siapa yg pegangin, 100.000an lebih bok.

jadi akurr aja dehh. rebah asli, tidak pura2, itu ga usah dijagain.

Anonymous said...

Shalom semuanya....

"Saya katakan, jangan memasukkan unsur kedagingan dalam gerakan Tuhan. Kalau Tuhan memang mau rebahkan, orang-orang itu pasti akan rebah. Tetapi kalau Tuhan tidak rebahkan, dia tidak akan rebah selama tidak didorong dahinya. Sudah ditumpangi tangan, tidak usah didorong lagi."

Wow makin hebring aja neh Pak Daud Tony. Pak Daud makin hebring aja, makin banyak orang ngejatuhin atau mau merebahkan Bapak loh. Banyak orang suka menjelek-jelekan Pak Daud loh. Tapi saya tidak eknal mereka. Saya hanya tau Yesus dan Pak Daud saja. Mereka pengecut pagan yah Pak. Hehehehe....

Tapi Tuhan setia ya Pak. Tuhan sertai selalu segala pelayanan Pak Daud. Amin.

Haleluya


Tuhan Berkati
Jimy

Andi said...

Bicara soal REBAH MEREBHKAN, begitu yg biasa terjadi....Jujur aja saya pernah melihat, memang ada Pendeta yg suka dorong-dorong dahi atau kepala orang yg didoakan.

Saya lihat berdasar pengalaman ketika saya meghadiri kebaktian di beberapa Gereja. Karena kebetulan saya senang menghadiri kebaktian yg kotbah berbeda. Istilahnya sy tiap minggu selain ke Gereja tetap sy, sy juga ke GKJJ, Gereja Kristen Jalan Jalan. Hahaha...

Tapi memang tidak semua Pendeta begitu. Ada ketika kebaktian sedang berlangsung. Jadi bukan pas moment pelepasan atau mendoakan. Kejadian ini singkat dan cepat, tiba-tiba ada jemaat manifestasi, langsung dari mimbar si Pendeta berdoa dalam nama Yesus...... langsung jatuh itu orang tanpa ada yg memegangi. Karena siapa yg sempat memegangi, moment yg hanya tidak kurang dari 1 menit. Pekerja Gereja baru sadar melihat, mau menghampiri, eh udah jatuh itu orang. Hehehe....

Usut punya usut, ternyata orangnya betul manifestasi. Bukan kesurupan atau kena santet. Memang sy belom pernah liat orang di Gereja KESURUPAN. Tidak mungkin orang di Gereja kesurupan. Karena kita dijaga malaikat.

Jadi kesimpualn rebah memang tidak usah dijagain. Dan Pendeta tidak perlu mengunyeng - unyeng dahi dah kepala kita ketika mendoakan. Cukup didekatkan tangannya atau sentuh kepala di rambut kita sedikit.

GB

Hardly said...

Org kristen mah aneh2. Rebah utk apa n knp mesti rebah?

Wassalam

Jamal said...

yg bener tuh sholat. mau ngapain coba rebah2 segala?!!

Ucup said...

Mendingan rebah dong, kena urapan Tuhan. Dari pada orang lagi sholat aja masih bisa kesurupan dan kena santet. Gimana tuh? Capee d.

Anonymous said...

saya pernah didoain tante2 satu...pendoa dan dia pernah belajar salah satu sekolah penginjilan terkenal di jkt.....di komunitas saya dulu namanya udah sohor deh pokoknya, apalagi kebetulan dulu pendoa senior gak banyak di komunitas kita....sekilas kenal saya sebenernya udah gak suka banget sama dia soalnya menurut saya untuk kelas pendoa yg sekaliber dia, dia orgnya rada sok and gila hormat, demen gosip lagi...saya sebenernya udah sering banget didoain di depan altar, mulai dr pendoa indo ama bule...kadang rebah, kadang nggak...tapi gak jadi masalah...ini anehnya pas didoain dia pertama kali....dia dorong2 dahi saya, saya pikir, wah yg bener aja kok pake dorong2an....makin lama makin keras sampe saya sedikit terganggu dan bertanya2 dalam hati, kok kayak gini sih, mau ga mau org didorong2 gitu ya pasti jatuh dong....karena sedikit sebal dengan caranya dia yg kayak gitu, saya cemberut pas didoain karena saya merasa dia terlalu dibuat2 pake acara dorong2 dahi saya....kalo kayak gini mesti ngomong ke siapa? mo negur ga enak, tapi gak ditegur juga rasanya ga sreg

Anonymous said...

untuk masalah kepcer org pada saat pengurapan atau dilawat Tuhan ada betulnya juga klu dia tidak boleh diijaga tp selama Gereja masih bertanggung jawab atas jiwa dan keselamatan org itu. klu masalah itu dari Tuhan atau bukan itu kembali kpd individu /org yg diurapi, krn masalahnya kita tdk tahu apakah dia dilawat Tuhan atau tidak , tp klu dia tdk dilawat Tuhan tp berusaha jatuh tdk ada kepcer dan kepalanya bukan hanya benjol tp berdarah , apakah kita bisa mengatakan mereka ini bukan dilawat Tuhan, sm seperti kita waktu memberikan persembahan klu kita sudah meragukan uang persembahan bukan digunakan utk kepentingan Kerajaan Allah tp dipakai HT / PDT utk hal diluar dari itu semua , apakah HT / PDT tdk bertanggung jawab atas berkat yg akan diterima oleh jemaahnya krn mereka sudah meragukan apakah HT / PDT dari utusan Tuhan.....hehehe artinya selama itu mendatangkan kebaikan dan damai sejahtera lakukan , urusan nanti mereka dilawat atau bukan itu kembali kpd org itu dan Tuhan

Anonymous said...

[p]- It is good idea to surf through their website to look out for signs and information on guaranteed quality by harnessing well organized equipments,green [url=http://www.chanel255handbag.co.uk]chanel 2.55 handbag[/url] facilities,and strictly supervised procedures for spawning custom made handbags . You could get Ellie [url=http://www.chanel255handbag.co.uk/chanel-classic-bags.html]chanel classic flap bags[/url] Kors purses well over 50% apart . There are a lot of customers who utilize leather-based handbags on line supply which page will give you the optimal data and knowledge, even though there are numerous of source you could [url=http://www.chanel255handbag.co.uk/chanel-flap-bags.html]chanel large flap bag[/url] order handbags . And now onto the story隆颅

Barbara Corcoran - Shark TankAfter the business folded Mary was invited to attend a 隆掳Reinvention隆卤 conference hosted by More Magazine . In spring or summer, we would like to choose bright [url=http://www.chanel255handbag.co.uk]classic chanel 2.55 bag
[/url] colored bags usually . Such a great story for all of us to [url=http://www.chanel255handbag.co.uk]chanel 2.55[/url] remember . But it is rare to find so fresh style as Derek Lam Printed [url=http://www.chanel255handbag.co.uk]chanel 2.55 bag[/url] Clutch . In present, there are about forty chain stores under Neiman Marcus, which is one of the American department stores that have the highest [url=http://www.chanel255handbag.co.uk/chanel-flap-bags.html]chanel small flap bag[/url] turnover . You can hardly find [url=http://www.chanel255handbag.co.uk/chanel-shoulder-bags.html]Chanel Shoulder Bags[/url] this style from common European handbags.[/p]