Monday, December 17, 2007

Martir - Penderitaan dan Kematian Rasul-Rasul Kristus

1. Matius meninggal dunia, karena disiksa dan dibunuh dengan pedang di Ethiopia.

2. Markus meninggal dunia di Alexandria (Mesir), setelah badannya di seret hidup-hidup dengan kuda melalui jalan-jalan yang penuh batu sampai ia menemukan ajalnya.

3. Lukas meninggal dunia di gantung di Yunani, setelah ia berkhotbah di sana kepada orang-orang yg belum mengenal Tuhan.

4. Yohanes di goreng dalam bak minyak mendidih di Roma, tetapi karena Tuhan masih ingin memakai Yohanes lebih lanjut, maka keajaiban terjadi sehingga walaupun ia telah di goreng hidup-hidup, ia bisa hidup terus. Tetapi akhirnya ia dibuang dah diasingkan ke pulau Patmos untuk kerja paksa di tambang batubara. Pada saat ia berada di sana, ia mendapatkan wahyu sehingga ia bisa menulis kitab WAHYU. Kemudian ia dibebaskan dan akhirnya kembali menjadi uskup di Edessa (Turki). Ia adalah satu-satunya Rasul yg bisa mencapai lanjut usia dan meninggal dengan tenang.

5. Petrus telah di salib dengan kepala di bawah. Kayu salib untuk Petrus dipasang berbeda, ialah seperti huruf X. Ia merasa tidak layak untuk mati dan disalib seperti Tuhan Yesus.

6. Yakobus saudara tiri dari Tuhan Yesus dan pemimpin gereja di Yerusalem, dilempar kebawah dari puncak bubungan Bait Allah, di tempat yg sama di mana setan membawa Yesus untuk digoda. Ia meninggal dunia setelah dilempar dari tempat tersebut.

7. Yakobus anak Zebedeus adalah nelayan dan murid pertama Yesus yg dipanggil, ia dipenggal kepalanya di Yerussalem. Pada saat-saat disiksapun, ia tidak pernah menyangkal TuhanYesus, bahkan ia berusaha berkhotbah trus, bukan hanya kepada tawanan lainnya saja, bahkan kepada orang yg menghukum dan meyiksa dia dengan kejamnya. Sehingga akhirnya orang Romawi itu mendampingi Yakobus pada saat ia di hukum penggal, bukan sekedar hanya untuk menyaksikan, melainkan juga untuk turut dihukum dan dipenggal bersama dengan Yakobus. Pada saat ia mau menjalani hukuman mati, ia berlutut bersama di samping Yakobus, sambil berdoa, itu adalah doa nya yg terakhir, sebelum ia mati dipenggal bersama Yakobus sebagai orang Kristen.

8. Bartolomeus yang lebih di kenal sebagai Natanael ia menjadi misionaris di Asia, antara lain ia memberikan kesaksian di Turki. Ia meninggal dunia di Armenia setelah ia mendapat hukuman cambuk sehingga semua kulitnya menjadi hancur dan terlepas.

9. Andreas juga di salib seperti Petrus dengan cara X di Yunani. Sebelum meninggal, ia di siksa dengan hukum cambuk oleh tujuh tentara dan diikat di salib. Dengan cara demikian mereka bisa memperpanjang masa sakit dan masa siksaannya. Seorang pengikut Andreas yg turut menyaksikan hukuman Andreas menceritakan perkataan yg telah di ucapkan oleh Andreas sebelum meninggal dunia : "Ternyata keinginan dan cita-cita saya bisa terkabul, dimana saya bisa turut merasakan saat-saat disiksa dan disalib seperti Yesus".
Bahkan pada saat ia disiksapun tiada henti-hentinya ia berkhotbah terus, dua hari sebelum ajalnya tiba. Berkhotbah sambil dihukum cambuk.

10. Thomas dilempar ke dalam perapian, tetapi karena masih tetap hidup, dia dihujani dengan tombak hingga mati. Dia mati di India.

11. Yudas saudaranya dari Tuhan Yesus dihukum mati dengan panah, karena ia tidak bersedia untuk mengingkari Yesus.

12. Matias, Rasul pengganti Yudas Iskariot mati dihukum rajam dan akhirnya dipenggal kepalanya.

13. Paulus disiksa degan sangat kejam dan akhirnya dipenggal kepalanya oleh Kaisar Nero di Roma pada tahun 67. Rasul Paulus adalah yg paling lama mengalami masa siksaaan di penjara. Kebanyakan suratnya dibuat dan dikirim dari penjara.

33 comments:

Anonymous said...

betapa dahsyatnya cinta mereka ke Tuhan Yesus, sampai mereka rela merasakan penderitaan Tuhan.

Anonymous said...

huufh..
dahsyat mereka, berani membayar harga untuk TUHAN..!
apa sih yg dicari mnusia di dunia ini? ketenangan? kalopun msuk neraka, apalah gunanya? lebih baik , bayar harga di dunia untuk YESUS tapi hidup kekal selamanya di SURGA bersama Dia.
Sperti yg Paulus katakan, "bagiku hidup adalah KRISTUS dan mati adalah keuntungan....."
GbuA

-by pasaribu-

Anonymous said...

huufh..
dahsyat mereka, berani membayar harga untuk TUHAN..!
apa sih yg dicari mnusia di dunia ini? ketenangan? kalopun msuk neraka, apalah gunanya? lebih baik , bayar harga di dunia untuk YESUS tapi hidup kekal selamanya di SURGA bersama Dia.
Sperti yg Paulus katakan, "bagiku hidup adalah KRISTUS dan mati adalah keuntungan....."
GbuA

-by pasaribu-

Anonymous said...

pandangan murid-murid tentu sangat dalam menembus dimensi waktu dan khidupan. berkhotbah sambil disiksa tentu yang dirasakan adalah kemuliaan hadirat yang tidak akan dimengerti oleh dunia n yg ga kenal Yesus. kasih YESUS membalut luka dan derita mereka. siapapun anda rasa cinta yang dalam akan membuat anda kuat dan setia. Yesus mengasihimu

Anonymous said...

Sungguh, Yesus adalah Tuhan. Oleh karenanya, ada murid yang mau bersedia mati untuk-Nya. Kalau tidak, maka sia-sialah kematian mereka. Kebangkitan Tuhan adalah kebangkitan kita.

HW said...

Cuma Yudas Iskariot yang bunuh diri..tercatat di Alkitab, isi perutnya keluar semua..ini sebagai simbol kepada orang percaya untuk tidak memikirkan perutnya sendiri tetapi perhatikan juga orang lain..

Anonymous said...

sunnguh ngomong lebih gampang daripada melakukan

Gideon said...

Syukur bagi Allah dan Tuhanku Yesus Kristus...! Para martir inilah menjadi teladan kita yang mau sungguh-sungguh mengikut Yesus.
Aku akan lebih bersukacita jika aku berkenan mendapat kasih karunia untuk menjadi martir seperti para rasul-rasul yang aku cintai itu. Aku yakin merekalah orang-orang khusus di mata Allah yang mengikuti kemana saja Anak Domba Alah itu pergi, dalam kitab Wahyu. Haleluyah...!

Unknown said...

luar biasa....
tak terucapkan dengan kata"

Anonymous said...

syalom,

kalo liat para rasul mempertahankan imannya sedahsyat ini.. mari yuk kita sama2 malu untuk bersikap infantile dan cengeng dalam Tuhan..karna kita belom sampe meneteskan darah untuk bergumul melawan dosa, kegelapan dan menderita karena kebenaran Tuhan..

Tuhan Yesus, mereka benar2 sungguh pantas mendapat kehormatan pd 12 tahta memerintah bersama Mu..

anugerahkan kami kekuatan dariMu dan pertolongan Roh Kudus untuk mencapai garis dalam kemenangan...
berikan roh keberanian dan kerelaan dalam tiap kesempatan sekecil apapun untuk memperkatakan Engkau sbg satu2nya Jalan & kebenaran, berbelas kasihan untuk mereka yg masih sesat..bawa jiwa untuk MU..

only GOD TO WHOM ALL PRAISE IS DUE !


AMIN !!

bensinulingga said...

Kjaib kau Yesus, mampukan aku juga untuk hidup mati hanya bagi kemuliaanMu, sama seperti kau dan rasul-rasulMu yang telah bayar harga, aku juga mau belajar membayar harga untuk mengikutMu.Amen

Anonymous said...

Masih ada kesempatan untuk kita benar2 mau ambil bagian dalam anugerah yang telah Tuhan berikan.
Arise!!
This is the final hour!
We are the soldier of the King
Put on our holy armor!
No the gates of hell!
Will not prevail!
So arise!
The spirit says arise!

christ angel said...

ksihan bnget ya para rasul-rasul itu...
yg q bncinya itu, para ahli taurat itu, yg sok tau, penipu. biarlah Tuhan yg membalas prbuatan mrk, dan memberikan kehidupan yg kekal bgi rasul-rasul itu, kecuali Yudas Iskariot. God Bless U

Abi Merdu said...

Kok gt ya rasul kalian mati, ketahuilah mereka mati dibunuh krn mereka ngaku2 rasul, tuhan membalasnya dengen siksa dari dunia sd akhirat, masing2 punya penjelsan agama yg berbeda, itulah balasan untuk orang yg memalsukan Firman Allah Swt. Kembalilah ke agama yg benar, agama keselamatan dg firman tuhan yg asli dan benar yaitu Islam.

Anonymous said...

Hufffttt .....kematian yang sia-sia dan tragis kayak kecelakaan di jalan Tol. Allah SWT gak butuh yang semacam itu brow,kalaw ente aktor dan sutradara pasti butuh stuntman,mungkin aktor-aktor di atas memenuhi syarat buwat pilemnya. wkwkwkwkwk

Anonymous said...

eli eli lamma sabaktani...

Anonymous said...

andai paulus ga licik dg mengaku aku sbg warga rum dan menyuruh kemenakanya untuk lapor kpd kepala pasukan di jaman klaudius lisias tentu paulus sdh mati krn di bunuh oleh 40 org2 yahudi yg bersumpah tdk akan dan minum sblm bs membunuh paulus,paulus itu bodoh percaya bgtu saja pd iblis yg mengaku aku sbg roh yesus makanya dia ga menyadari kalo ajaranya itu itu mengacau ajaran yesus yg asli(yg wujud manusia di nazaret)

Anonymous said...

andai paulus ga licik dg mengaku aku sbg warga rum dan menyuruh kemenakanya untuk lapor kpd kepala pasukan di jaman klaudius lisias tentu paulus sdh mati krn di bunuh oleh 40 org2 yahudi yg bersumpah tdk akan makan dan minum sblm bs membunuh paulus,paulus itu bodoh percaya bgtu saja pd iblis yg mengaku aku sbg roh yesus makanya dia ga menyadari kalo ajaranya itu itu mengacau ajaran yesus yg asli(yg wujud manusia di nazaret)

Theresia Melinda Kurniati said...

karna Tuhan dan anak2Nya bukan dari dunia makan dunia membenci Tuhan dan anak2Nya.. haleluya!

Unknown said...

baca artikel ini sperti ga kuasa menahan airmata untuk ga keluar,ga kuasa membendungnya kalo menghayati derita mereka karna cinta dan rasa kasih mereka yg begitu besar bagi Tuhan,,,
kemuliaan bagi Tuhanku dari dulu,sekarang dan sampai selama-lamanya,,amiiinnn...

Unknown said...

Sumber ceritanya dari mana ya, pengen jjuga baca cerita lengkapnya.

Penginapan Murah Jakarta said...

mereka semua menjadi orrang kudus (santo) di katolik..keterangan tentang mereka ada di web yesaya atau web utk katolik

Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Anonymous said...

Semuanya: Tuhan Yesus, Rasul rasul, murid murid dan orang orang percaya martir/dibunuh oleh orang lain . Mereka "BERJIHAD mati/disiksa bukan mematikan/menyiksa orang (manusia)". Sungguh berbeda terbalik dengan JIHAD yang dilakukan oleh ajaran ajaran palsu. Kita sungguh tahu Tuhan Yesuslah kebenaran itu, Dia sudah BERJIHAD mati bagi Manusia bukan/tidak membunuh orang lain... Dia tidak perlu pembela karena Dia/Tuhanlah pembela kita dan musuh kita bukanlah melawan "darah dan daging" tetapi "roh roh" yg menyesatkan manusia ! Kita Doakan, mereka yg menyatakan diri BerJihad/Pembela Tuhan (agama) tapi menyusahkan oranglain, kok malah ciptaan lebih/jagoan membela Penciptanya. Huh.. ! Blis.. Blis.. Blis...! Strategimu buka kartu.. bagi "Dunia Nurani..." Haleluyah !

Anonymous said...

Terpujilah Tuhan atas segalanya sehingga diberkati juga orang yang mau mati martir bagiNya..amin.

Anonymous said...

Ya Tuhaaaan.. Aku belum ada apa2nya dgn rasul2Mu.. Baharui hatiku slalu..

Unknown said...

Paulus mengejar ngejar,memenjarakan,dan menyiksa para pengikut setia dan para murid serta orang yang murni dan benar dalam menjalankan ajaran yesus. Lalu kemudian mengangkat dirinya sebagai seorang rasul, namun merusak ajaran yesus, salah satunya ajaran yesus mengenai laki laki yang harus disunat ,adalah merupakan perjanjian abadi antara yesus dan Tuhan.
Namun paulus meniadakan kawajiban bersunat.
Apa tanggapan para kristeners mengenai hal ini...???

Anonymous said...

Aku MENYEMBAH YESUS PENYELAMATKU...

Unknown said...

Seandainya aku bisa seperti mereka, aku yakin dan percaya bhw aku ada di pihak mereka, seandainya hal spt itu mau terjadi pd diriku, sanggupkah aku?

Ben said...

Kenapa saat akan dilakukan penangkapan yesus mereka ada yang mengaku tidak mengenal yesus??

Ben said...

Apakah mereka meragukan yesus??
Ya, yesus bukanlah tuhan. Hanya manusia biasa yang diangkap menjadi Nabi dan Rasul Allah SWT.

Anonymous said...

Jangan komen kalo gak paham bener soal agama orang lain boss . Salam damai.

Unknown said...

kalau orangblain bilang beraga tapinmembunuh orang lain dengan jalan jihad dan meledakan tubuh meeeka dan tidak menujukan kasih apa kah itu agama? saya bertanya, karena memang mati secara martir yang tapat adalah yang dilakukan oeh para murid Tuhan Yesus tanpa menyebarkan kebencian dan menyebar berita fitnah untuk ajaran ogama lain. apakah artinya agama jika kita merasa tersinggung dikritik, agama yang benar adalah agama yang tidak merasa tersinggung ketika ia dihina dan dibenci. Salam manis dari tanah Papua untuk saudara-saudara seimanku di dalam kristus. Amin.