Tuesday, August 26, 2008

Saleh (Virtue) vs Najis (Impurity)

  • Pengantar :

Belajar dari karakter Kristus ini, akan membuat kita sadar akan pentingnya menjaga baju kehidupan kita agar tetap 'putih' tanpa noda di hadapan Allah.

  • Definisi "Saleh":

Moral yang baik dan kemurnian roh yang terpancar dari hidup kita, saat kita konsisten menerapkan firman Tuhan.

  • Firman Tuhan :

"Karena kuasa Illahi-Nya telah menganugerahkan kepada kita segala sesuatu yang berguna untuk hidup yang saleh oleh pengenalan akan Dia, yang telah memanggil kita oleh kuasa-Nya yang mulia dan ajaib". II Petrus 1:3

  • Penjelasan

Di bagian utara Asia dan Eropa, hidup sejenis hewan kecil bernama cerpelai. Binatang ini mempunyai bulu yang putih dan sangat indah, sehingga sangat menarik perhatian para pemburu dan penjual kulit. Keunikan dari binatang ini adalah ia sangat menjaga kebersihan bulunya. Ia tidak akan membiarkan ada sedikitpun kotoran yang menempel pada bulunya, bahkan ia rela mengorbankan nyawanya untuk menjaga agar bulunya tidak tercemar.

Seperti cerpelai, sebagai orang percaya, kita dituntut untuk menjaga seluruh kehidupan kita agar tetap bersih di hadapan Tuhan. Allah sangat menghargai kesucian dan kesalehan. Hanya orang yang bersih tangannya dan murni hatinya yang bisa bertahan berdiri di tempat-Nya yang kudus. Kesucian dan kesalehan itu mendatangkan berkat, melindungi kita dari rasa bersalah dan kecurangan, memberi vitalitas rohani, serta memberikan kita hal-hal yang baik. Oleh karena itu, maukah kita mulai saat ini menjaga hidup kita agar senantiasa suci dan saleh di hadapan Tuhan?


No comments: