Wednesday, July 23, 2008

Bahasa roh - Membangun Rohani

(I Kor 14:4 – Siapa yang berkata-kata dengan bahasa roh, ia membangun dirinya sendiri,…)

Dalam suratnya kepada jemaat di Korintus, Paulus menganjurkan mereka untuk terus menerus mempraktekkan bahasa roh dalam penyembahan mereka kepada Allah dan dalam kehidupan doa mereka sebagai alat untuk membangun kehidupan rohani diri sendiri.

(I Kor 14:2 - Siapa yang berkata-kata dengan bahasa roh, tidak berkata-kata kepada manusia, tetapi kepada Allah. Sebab tidak ada seorang pun yang mengerti bahasanya; oleh Roh ia mengucapkan hal-hal yang rahasia)

Terjemahan Moffat mengatakan, bahwa ia berbicara tentang “rahasia ilahi”. Di sini Paulus mengatakan bahwa Tuhan telah memberikan kepada gerejaNya suatu alat komunikasi ilahi dan bersifat ilahi untuk dapat berbicara dengan Allah.

Dalam I Kor 14:14 (Sebab jika aku berdoa dengan bahasa roh, maka rohkulah yang berdoa, tetapi akal budiku tidak turut berdoa) Perhatikanlah bahwa ia berkata: …rohkulah yang berdoa. Dalam terjemahan Amplified Bible dikatakan: ..rohku (melalui Roh Kudus di dalamku) berdoa.

Tuhan itu bersifat Roh. Ketika kita berbicara dalam bahasa roh, roh kita berhubungan langsung dengan Tuhan, yang juga adalah Roh. Kita berbicara dengan Dia melalui sarana ilahi yang sifatnya ilahi.

Howard Carter yang pernah menjadi ketua umum dari Sidang Jemaat Allah di Inggris selama 16 tahun dan pendiri Sekolah Alkitab Pentakosta di dunia, mengatakan kita tidak boleh lupa bahwa berbicara dalam bahasa roh bukan hanya pertanda awal dari kepenuhan Roh Kudus melainkan juga merupakan bukti pengalaman yang berkesinambungan sepanjang umur hidup seseorang. Untuk maksud apa? Untuk membantu kita dalam penyembahan kita terhadap Tuhan. Berbicara dalam bahasa roh merupakan arus kehidupan yang tidak boleh kering, karena akan memperkaya kehidupan rohani kita.

9 comments:

Anonymous said...

Damai,kasih Yesus beserta kita.sekilas telah saya baca.mungkin ada beberapa masukan dari saya.Tidak semua orang kok bisa berdoa atau sembayang pd Allah dalam bahasa roh.memang sih bahasa roh untuk membangun hubungan pribadi pd Allah.Banyak orang kristen mulai bingung jika ditanya dengan empat pertanyaan.ketika pertama ditanya apakah ia sudah menjadi kristen,ia masih bisa menjawab dgn pasti bahwa ia sudah menjadi kristen.ketika pertanyaan kedua dilontarkan yaitu apakah dia mengetahui dosa dosanya telah diampuni,ia mulai bingung.lalu ketika dipertanyakan apakah ia sudah yakin diselamatkan dan pasti masuk surga,ia bertambah bingung.Dan ketika pertanyaan ke empat dilontarkan,yaitu apakah ia sudah mempunyai roh kudus,ia sangat bingung.Jadi banyak anggapan ketika seorang kristen tidak mempunyai bahasa roh,atau berglosalia.maka orang ini bukan kristen sejati ,LUAR BIASA he,he,he

yfm said...

Syallom,bukannya saya mau membicarakan kejelekan orang.mungkin setelah membaca blog ini ada masukan juga.saya punya teman dia rajin ke gereja,kelihatannya gereja ini sering berbicara banyak mengenai Roh Kudus,karena saya juga sering ikut temanku ke sana,sudah menjadi tren gereja sekarang setiap kebaktian sebagian besar jemaat menggunakan bahasa roh.pernah seorang pendeta berkata setiap jemaat haruslah punya bahasa roh.bagi mereka yg blm punya bahasa roh,mintalah karunia itu kepada Allah,maka Ia akan memberikannya.tp yg membuat jadi pertanyan bagi saya kenapa kita memaksa Tuhan memberikan karunia bhs roh.Bukankah rahmat dan pemberian Tuhan itu mutlak.Memang kita anak-anakNya dan Dia Bapa kita.kita mungkin minta karunia rohani pada Allah,Tp yang diberikan Tuhan kan macam2,misal si A ada karunia nubuatan trus siB karunia kasih dll,dan semuanya itu untuk membangun jemaat.pada saat kebaktian berlangsung,di gereja itu gemuruh menggunakan bahasa roh.tp setelah kebaktian selesai,kok nggak diterjemahkan,saya kan nggak ngerti maksudnya,begitu juga jemaat lain.yg parahnya lagi kebaktian selesai trus keluar gedung gereja waktu itu hujan deras.sesama jemaat kok kelihatan cuek cuekkan,ada jemaat yang nggak punya mbl dibiarkan jalan kehujanan.mestinya kan yg punya mbl kan bisa mengantar jemaat yang nggak punya mbl,apa mungkin risih kali ya?katanya kepenuhan Roh Kudus.aku jadi bingung yg namanya kristen sejati itu yg gimana sih?.Trus temanku hampir menodongkan pistol sama orang kebetulan kami anggota TNI.Untung saya cegah kalau nggak bisa parah,lantaran mobil orang itu menyerobot parkir mobil kami.aku jadi heran,dia mengaku pd saya.punya bahasa roh,trus sering bersaksi pd orang lain karena lahir baru.dan saya terus diminta berdoa supaya minta pada Allah supaya diberikan bhs roh.Aku jadi ragu apakah yg berbicara roh lain diluar Roh Kudus.yg terutama kan orang kristen dilihat dari buahnya.tolong yang mebaca ini supaya ada saran atau masukan,saya sadar kok kalau saya ini kristen awam.

Anonymous said...

Shalom...
Bahasa Roh itu adalah Karunia Roh Kudus yang diberikan oleh Allah kepada orang percaya dengan tujuan untuk membangun iman jemaat. Sebagaimana yang terjadi di Yerusalem..saat pencurahan Roh Kudus..dimana Roh Kudus sedang menciptakan gereja..maka ada juga diberikan karunia menerjemahkannya..pada saat yang sama sehingga sama-sama membangun iman jemaat. Jadi kalau dalam satu pertemuan jemaat ada orang yang berbahasa roh..tetapi tidak ada yang menerjamhkannya ..lebih baik diam saja...karena bahasa roh juga membangun diri sendiri. Yang perlu dicamkankan! bahwa bahasa roh tidak bisa dipelajari karena itu karunia Roh Kudus yang diberikan kepada orang percaya...Rasul Paulus mengatakan...bahwa bahasa roh akan lenyap..pengetahuan kita tidak lengkap. Jadi yang terpenting dari semua adalah : "IMAN, PENGHARAPAN DAN KASIH"

Salam

Anonymous said...

Hehehe.... saya kemarennya ke Gramedia membeli buku DUNIA ROH KUDUS, tulisan Ev. Daud Tony.

Bukunya simpel aja, lucu, menarik dan enak dibaca.

Dikatakan Bahasa Roh merupakan salah satu karunai untuk orang percaya dari sembilan karunia yg Tuhan berikan.

Dan karunia tersebut akan bekerja apabila orangnya terbeban.

Jadi santai aja, semua karunia itu sudah ada didalam badan kita sebagai orang percaya. Tinggal bagaimana mengaktifkannya, apabila kita terbeban.

Hehehe... bisa berbahasa Roh bukan jaminan masuk sorga bukan?

Yg penting bagaimana kita merenungkan dan menjadi pelaku firmanNYA.


GBU
Sam

Leon said...

Setuju Bahasa Roh bukan jaminan masuk sorga. Lebih penting kita hidup benar sesuai Bible.

Tuhan beri 9 karunia :
1. Karunia Bernubuat
2. Karunia Mujijat
3. Karunia Kesembuhan
4. Karunia Berkata Bahasa Roh
5. Karunia Kata-kata Pengetahuan
6. Karunia Iman
7. Karunia Membedakan Roh
8. Karunia Menafsirkan Bahasa Roh
9. Karunia Hikmat

Bahasa Roh hanya salah satu dari 9 karunia yg Tuhan beri. Dengan catatan mempunyai 9 karunia pun bukan jaminan masuk sorga. Karena Tuhan beri karunia pada saat memang Tuhan mau beri. Dan kita bisa juga dalam mengaktifkannya karunia tersebut, apabila kita terbeban.

Marvel said...

Anda-anda tentu sudah tau, bagaimana KARUNIA IMAN bekerja dgn dahsyat kapada Yesaya Pariadji, Gembala dr Gereja Tiberias Indonesia.

1. Natal tahun 2000 sekian, maaf saya lupa tahun berapa. Ketika itu hujan mulai turun di Stadion Senayan. Ketika di mimbar, Pariaji berkata : "Saya Perintahkan Hujan Berhenti Selama Kebaktian Natal Ini Berlangsung". Seperti Anda tau, HUJAN BETUL STOP.
Orang yg melintasi stadion Senayan bengong, kok disekeliling stadion HUJAN DERAS SEKALI, tp di lingkaran dalam stadion tdk hujan sama sekali. AJAIB, DAHSYAT KUASA TUHAN YESUS. Beri kemuliaan kepadaNYA.
Ketika menjelang selesai kebaktian malam Natal, sekitar jam 24.00, hujan mulai rintik2 turun di atas stadion. Tepat kebaktian selesai, hujan turun deras sekali.
Kejadian ini sempat diliput stasiun TV dan masuk koran serta buletin2 rohani.

2. Natal December 2008. Sekali lagi bulu kuduk saya merinding. Ketika Pariaji memerintahkan bulan muncul dengan bundar utuh. Krn udah agak lama bulan tidak tampil bulat utuh.
Kata Pariaji : Saya minta tanda kepadaMU Tuhan Yesus, kalau ENGKAU HADIR PADA MALAM NATAL INI. Beri kami tanda, dengan ENGKAU MEMUNCULKAN BULAN UTUH BULAT.
Dan apa yg terjadi, bulan muncul bulat utuh. Kejadian ini disaksiskan ratusan ribu orang yg memenuhi malam natal tersebut.

Entah bagaimana perasaan saya, menangis terharu. Coba bayangkan, kalau masih ada orang menyangkal Yesus bukan juru selamat serta bukan Tuhan yg patut disembah.

Saya minta apakah tuhan yg kamu sembah bisa memunculkan bulan? Bisa memberhentikan hujan? ini dilakukan tanpa rekayasa dihadapan ratusan ribu orang. Bisa tidak? Ada yg bisa menjawab??? Jawabannya tentu tidak bisa.

Tuhan Yesus tidak bodoh, tidka munafik, tidak pengecut. tuhan Yesus adalah tuhan yg dahsyat, mulia, agung, sehingga hanya orang yg percaya kepadaNYA akan diberi KARUNIA IMAN, KARUNIA HIKMAT. Sehingga karunia ini akan MENJADI SAKSI, bahwa DIA adalah Tuhan yg patut disembah.

Yohanes 5:31 Kalau Aku bersaksi tentang diri-Ku sendiri, maka kesaksian-Ku itu tidak benar;

Yohanes 5:32 ada yang lain yang bersaksi tentang Aku dan Aku tahu, bahwa kesaksian yang diberikan-Nya tentang Aku adalah benar.

GBY

George said...

Lebih Dari Yang Anda Minta Atau Pikirkan

“Aku mengucap syukur kepada Allah, bahwa aku berkata-kata dengan bahasa roh lebih daripada kamu semua.”
(1 Korintus 14 : 18)

Sedikit hal di dalam Alkitab yang telah menciptakan banyak pertengkaran lebih daripada masalah berbicara bahasa roh. Gereja-gereja telah terpecah karena hal itu. Orang-orang tersiksa karena melakukannya. Orang-orang bahkan telah terbunuh untuk hal itu.

Siapa di balik semua kesulitan? Iblis! Ia sangat ketakutan oleh kemampuan kita untuk berdoa dengan bahasa roh sehingga ia terus menerus berusaha untuk mencurinya dari kita melalui penganiayaan dan perselisihan.

Anda lihat, iblis tahu (bahkan jika kita tidak) bahwa berdoa dengan bahasa roh adalah satu-satunya cara Anda dan saya dapat berdoa melebihi apa yang kita ketahui. Ini adalah cara yang telah diberikan Allah kepada kita untuk masuk ke dalam pikiran Roh Kudus.

Ketika kita berdoa dengan bahasa roh, kita mengaktifkan Roh Kudus yang ada di dalam kita dan Ia mulai mengajar dan menerangi kita. Jika Anda ingin melihat sebuah contoh mengenai apa yang dapat dilakukan melalui berdoa dengan bahasa roh, lihatlah Rasul Paulus. Ia berkata bahwa ia berdoa dengan bahasa roh lebih dari siapapun di seluruh gereja Korintus dan ia bertanggung jawab untuk menulis sebagian besar dan Perjanjian Baru!

Contoh lainnya adalah gereja pertama di Yerusalem. Mereka belum memiliki kitab Perjanjian Baru untuk dibaca. Mereka tidak dapat pindah ke Efesus dan mencari tahu apa yang Tuhan rencanakan bagi mereka. Mereka hanya berdoa dengaan bahasa roh sampai penerangan dari Allah terbit di dalam hati mereka. Itulah satu-satunya perangkat yang mereka miliki. Maka mereka menggunakannya dan membuat dunia terbalik.

Beberapa tahun yang lalu Allah mulai mengarahkan saya untuk meluangkan satu jam setiap hari untuk berdoa dengan bahasa roh. Setelah saya melakukannya tidak lama, saya mulai berbicara kepada orang-orang Kristen lainnya yang telah diarahkan untuk melakukan hal yang sama. Allah sedang berbicara kepada orang-orang percaya di seluruh dunia untuk menyediakan waktu berdoa di dalam Roh.

Jika Anda belum pernah membuat komitmen untuk menyediakan beberapa saat tiap-tiap hari untuk berdoa dengan bahasa roh, buatlah sekarang. Buanglah semua hal yang membingungkan yang ditimbulkan oleh iblis dan katakan kepada Tuhan, “Tuhan, aku ingin melakukannya. Aku tidak peduli dengan apa yang dikatakan oleh iblis. Aku tidak peduli dengan apa yang dikatakan oleh orang lain. Aku tahu Engkau mempunyai rencana yang indah bagiku, yang secara manusia tidak dapat aku pahami - hal-hal yang melebihi dari apa yang aku minta atau pikirkan. Dan melalui berdoa di dalam Roh, aku akan menerimanya.”

Jangan biarkan keraguan yang ditimbulkan oleh iblis menggangu Anda. Masuklah ke dalam pikiran Allah. Ucapkanlah hikmatNya. Berdoalah di dalam Roh hari ini.

Yesaya 28 : 9 - 12
28:9 Dan orang berkata: "Kepada siapakah dia ini mau mengajarkan pengetahuannya dan kepada siapakah ia mau menjelaskan nubuat-nubuatnya? Seolah-olah kepada anak yang baru disapih, dan yang baru cerai susu!
28:10 Sebab harus ini harus itu, mesti begini mesti begitu, tambah ini, tambah itu!"
28:11 Sungguh, oleh orang-orang yang berlogat ganjil dan oleh orang-orang yang berbahasa asing akan berbicara kepada bangsa ini
28:12 Dia yang telah berfirman kepada mereka: "Inilah tempat perhentian, berilah perhentian kepada orang yang lelah; inilah tempat peristirahatan!" Tetapi mereka tidak mau mendengarkan

Anonymous said...

If you are planning to Abercrombie and Fitch make a profit, Abercrombie then giving away promotional clothing Abercrombie Sale as a promotional gift will never Cheap Abercrombie let you lose your aspiration. Abercrombie outlet This is the best way to reap profits. The first step towards this is abercrombie Jeans by deciding your budget. A well Abercrombie Pants planned budget can get you the best promotional items at reasonable cost which will easily be Abercrombie Tees accepted by the masses. Regardless, Abercrombie Shorts selling branded promotional Abercrombie Sweaters clothing with your own brand is another way to gain instant popularity. The natural impulse for almost all retailers is to make a huge profit on the products already in the stockpile. But it would be wiser to purchase loads of unique promotionally priced clothing items, promote it at good deal basement price and then put it on the market of sale. This way the scope of attracting populace to the store increases. This merchandise actually pushes benefits with its attractive features. It not only provides name and popularity to your brand but also helps to reap noticeable profit also.

Anonymous said...

Halo. Yang di benci itu DOSA dari manusia tsb tapi jangen membenci Yesusnya. Yesus kan tidak salah apa-apa jadi jangan menjadikan manusia itu idola, maka nanti kamu yang akan kecewa.

Tetapi jadikanlah Yesus itu idola karna hanya Dia dan Bapa lah yang sempurna di dunia ini