Wednesday, July 31, 2013

Muslim Masuk Kristen (Saifuddin Ibrahim - Lulusan Universitas Muhammadiyah Surakarta)

BAB I

Mondok, nyantri
 
Saifuddin Ibrahim, nama yang diberikan orang tua saya. Nama kecil : One Pela atau One Prado. Ayah guru agama. Belajar mengaji dari ibu dan nenek. Dari keduanyalah saya memahami betapa jauhnya pemahaman ajaran Qur’an dan Alkitab terutama dalam hal sejarah. Saya menyelesaikan SMA di BIMA. Puji Tuhan saya mendapat beasiswa kuliah di Universitas Muhammadiyah Surakarta dan mengikuti pendidikan agama di pondok Hajjah Nuriyah Shabran Surakarta. Fakultas Ushuluddin jurusan perbandingan agama. Setelah kuliah, saya mengajar di Bangsri Jepara, 1996 dan mengajar di Pesantren Darul Arqom Sawangan Depok Jabar.

Kesaksian ini saya bukukan karena alasan bahwa iman tidak bisa disembunyikan. Iman harus dinyatakan dalam bentuk amal dan ilmu. Alasan kedua bahwa manusia tidak boleh membangkitkan sentimen agama untuk membenci sesama manusia. Ketiga bahwa Alkitab adalah warisan zaman yang lengkap dengan falsafah hidup toleransi dan damai dan solutif bagi semua persoalan manusia.

Tahun 1999 saya mengajar di Haurgeulis Indramayu, pesantren terbesar di Indonesia. Luasnya 1200 hektar. Sarana pembelajaran lengkap. Di tengah-tengah kampus berdiri masjid raksasa tujuh lantai dengan kapasitas 150,000 jemaah. Ruang bawah tanah dapat menampung 1000 mobil parkir. Lahan yang 1000 untuk pertanian dan peternakan. Dari hasil pertanian, pesantren ini sudah mampu memenuhi 50% keperluan beras, buah dan sayuran. Peternakan, pertanian, perikanan semua maju pesat. Ketika saya keluar dari pesantren, ada 1500 kepala sapi dari berbagai jenis, 2000 kepala domba, 1500 kambing peranakan Etawa. Dan telah mampu melakukan konversi lahan tandus menjadi ekosistem yang sejuk. Seluruh yang dihajatkan oleh penghuni modern telah siap, ada laundry, kitchen set, toserba, pos giro bahkan bank. Sehari-hari ada 11000 siswa, 2500 karyawan dan 800 guru. Saya adalah dewan guru 12, kepala Humas dan editor majalah AL Zaytun. Setiap hari yayasan harus memasak beras 5 ton, tempe 1 ton, tahu 1 ton buah-buahan 4 ton, sayur 4 ton. Pekerjaan apapun dilakukan sendiri oleh yayasan.


Selama 6 tahun saya mengajar Alqur’an, hadits, Aqidah, Akhlak, sejarah kebudayaan Islam dan Jurnalistik. Mengajar di sana harus serba bisa, memiliki banyak kemampuan dasar dalam bidang olahraga, seni, keterampilan atau apa saja. Karena seorang guru harus tampil prima, fit, dan smart. Dari pesantren inilah sejarah awal saya mengenal Tuhan.


BAB II
 
The Gideons
 
Akhir November 2005, saya menerima tamu dari The Gideons International Camp Jakarta dan Camp Cirebon, sebuah organisasi dunia yang membagi-bagikan Alkitab secara cuma-cuma, dan pesantren kami mendapat hadiah 1400 Alkitab. Perkenalan inilah yang menjadi jembatan saya mngenal Tuhan. Saya mengajak mereka keliling kompleks, masuk ke seluruh fasilitas dan terakhir minta kepada ketua rombongan berdoa di masjid. Setelah mereka puas keliling, mereka diwawancarai oleh wartawan dan dimuat dalam majalah kami. Kemudian saya kirimkan bukti berita kepada mereka. Saat itu belum terjadi apa-apa pada hati saya. Mereka pulang, kami antar sampai mobil mereka hingga hilang dari pandangan mata kami.


“Nubuat Pimpinan”
 
Goncangan terjadi ketika saya diundang natalan bersama di Cirebon. Hari itu mestinya saya hadir dalam acara lain, tapi pimpinan mengganti ketua rombongan menjadi orang lain, padahal sudah dibuat surat tugas bahwa saya adalah ketua rombongan. Jam 12 malam surat tugas dibatalkan. Akhirnya hari itu saya tugas seperti biasa (tidak jadi pergi), mengawal tamu yang berkunjung ke pesantren kami. Jam 7 malam saya laporkan tugas kepada pimpinan. Usai melapor, saya masih diajak ngobrol, tiba-tiba kepala perkhidmatan kesehatan angkat bicara “Katanya ustadz Saifuddin Ibrahim yang hadir natalan bersama di Cirebon?” Langsung pimpinan yang menyeloroh, “Kalau ustadz Saiffudin Ibrahim yang diutus ke acara natalan, bisa-bisa nanti pulang jadi pendeta Abraham.” Semua yang mendengar tertawa.

Hari itu tanggal 16 Januari 2006 pimpinan tertinggi pesantren terbesar di Asia tempat saya mengabdi, membatalkan surat tugas untuk saya. Ada perasaan masygul, saya yang diundang, malah orang lain yang diutus. Tetapi saya menghibur diri bahwa dibalik itu pasti ada hikmah besar, ada rencana besar dari Tuhan. Beliau telah bernubuat untuk saya. Itu juga sebabnya kenapa saya (sekarang) lebih suka dipanggil Abraham. “Nubuat” tersebut ternyata benar-benar terjadi. Enak untuk saya, tidak enak untuk pimpinan saya. Sejak nubuat itu diucapkan, ada percikan api dalam hati saya dan ini adalah api iman yang memudahkan saya melakukan hijrah hati. Api kecil itu berkobar, dan terus membesar. Api kalau kecil jadi teman, besar menjadi musuh dan memusnahkan harta kita. Andai itu api biasa mungkin saya bisa memadamkannya tetapi ini api iman, jadi susah dipadamkan. Saya tidak sanggup untuk memadamkan api iman ini. Sejak “ucapan” pimpinan saya, ada suatu perasaan yang aneh terjadi dalam hati, perasaan yang berkobar-kobar, bahwa saya harus menjadi orang kristen. Tapi bagaimana caranya? Saya tidak tahu. Apakah saya akan datang ke gereja-gereja lalu menyatakan masuk Kristen? Wah gengsi! Saya adalah guru sebuah pesantren tiba-tiba masuk Kristen, itu sebuah ironi dan tidak masuk akal. Dan belum tentu juga mereka berani menerima saya. Kalau saya ke gereja, orang-orang kristen pasti takut karena ada 3 wanita Haurgeulis yang dijatuhi hukuman penjara 3 tahun di Indramayu sebab mengajarkan lagu-lagu gereja kepada anak balita lalu dituduh sebagai penista agama. Padahal desa itu dulu mayoritas kristen, tapi karena sulit ekonomi mereka pindah agama.

Sebenarnya, perasaan gundah ini sudah mulai terjadi sejak akhir thaun 2005. Saya merasa jenuh, tawar dan hampa. Dalam suasana seperti itu saya mulai dihinggapi perasaan takut akan dosa, takut mati, tapi ingin selamat. Saya seperti hidup tanpa harapan lagi. Saya jatuh ke dalam sumur tanpa dasar. Tak tahu entah kapan berkesudahan. Saya optimis suatu saat akan ada suasana puncak dari kehidupan rohani saya, tapi tawar hati dan kekosongan jiwa terus menekan hari-hari yang saya lewati.
Tuhan menarik saya untuk mendekatiNya, sudah dua bulan saya tidak mengajar. Kalau ada teman datang, saya suruh istri saya untuk bilang saya tidak ada padahal saya sembunyi di kamar. “Itu motornya ada!”, kata mereka. “Iya tapi abi Ibrahim gak ada”, kata istriku berbohong.

Februari 2006 saya telepon pak Bagdja, saya mau bilang kalau saya mau masuk Kristen.

“Halo pak, ini saya ustad Saifuddin Ibrahim, masih ingat saya?”
“Masih!”, jawabnya.

Setelah basa-basi, saya bilang saya ingin bertemu.

“Kapan bisa ketemu?”
Lalu jawab beliau, “Kapan saja boleh.”

Mendengar jawaban bersahabat seperti itu saya semakin bersemangat. Saya bilang “Besok!” Sore hari saya sampai di Cirebon, sudah disiapkan kamar hotel. Tapi sampai jam 10 malam saya tidak bisa bilang pada pak Bagdja kalau saya mau masuk kristen. Pak Bagdja pulang ke rumahnya. Saya sendirian di hotel dan berjanji dalam hati, besok saya akan katakan saya mau masuk Kristen.

Pagi-pagi pak Bagdja mengajak saya makan nasi Jamblang di pelabuhan. Saya tetap tidak bisa mengutarakan tujuan saya ke Cirebon. Sampai makan siang, check-out dari hotel, saya tetap tidak bisa mengatakan keinginan saya. Sampai diantar ke stasiun kereta saya tetap tidak bisa bilang apa-apa. Saya naik kereta api Cirebon Express seharusnya turun di Indramayu tetapi bablas ke Jakarta. Kereta berhenti di Gambir. Saya turun. Kacau balau!! Kacau semua rencana saya! Saya telepon teman-teman saya.

Puji Tuhan ada yang nyambung. “Kebetulan!” katanya, “Saya sdg mencari Anda untuk jadi pembicara dalam seminar membela orgnisasi-organisasi Islam yang sedang dihujat oleh sebuah majelis orang-orang pintar.” Kantor Ahmadiyah di Parung dihancurkan oleh kaum anarkis berjubah. Pengikut-pengikutnya dianiaya di Lombok. Usaha mereka dijungkirbalikan, harta dirampas bahkan sampai ada yang minta suaka keluar negeri.
Akhirnya saya ke seminar tersebut. Dalam seminar itu saya katakan pada peserta seminar, bahwa tidak ada satu ayat sucipun yang menyatakan bahwa golongan A, B, C sesat. Mereka tepuk tangan, sebelum saya turun mimbar saya membuat pernyataan bahwa sorga bukan milik siapapun. Sorga bukan milik orang Islam, Kristen atau yang lain tapi sorga adalah milik orang yang membangun dunia ini dengan toleransi dan damai. Semua yang hadir tepuk tangan. Begitu turun dari mimbar, seorang hamba Tuhan menyalami saya sambil berkata, “Saya merinding mendengar pernyataan bapak, saya belum pernah mendengar dari orang Islam bahwa sorga milik semua orang, yaitu orang yang hidup dalam toleransi dan damai.” Saya berkata dalam hati, kamu boleh saja merinding, kamu belum tahu kalau saya sedang kacau balau.

Kembali ke masalah pak Bagja. Karena berbicara langsung tidak bisa, menelepon lidahku kelu, akhirnya sms pun menjadi media yang mampu menjembatani rasa malu hatiku. Saya segera sms pak Bagdja, “Pak, sebenarnya saya bertemu dengan bapak kemarin, saya mau mengatakan kepada bapak, saya mau masuk Kristen.”

Begitu pak Bagdja menerima sms, malah dia yang kacau balau. Bingung. Sms saya dikirimkannya ke teman-temannya, dikirim juga ke presiden Gideon Indonesia, pak Ridwan Naftali. Tapi ada juga teman beliau yang memperingatkan agar waspada, jangan-jangan saya adalah penyusup. Tapi pak Bagdja berdoa untuk menenangkan hatinya.

Semenjak itu, konsentrasi kerja saya mulai terganggu, tetapi saya tetap mencoba terlihat ceria seperti biasa. Bahkan saya paling enjoy di antara 12 dewan guru. Pernah suatu kali teman-teman tertawa keras mendengar cerita saya tentang Abu Nawas.

“Sini kamu Abu Nawas”, kata raja. “Siap tuanku raja”, jawab Abu Nawas.
“Bunuh ayam ini”, kata raja. “Oh itu pekerjaan gampang tuan”, sahut Abu Nawas.
“Tapi ingat Abu Nawas, bagaimana kamu membunuh ayam ini, begitu pula aku akan membunuhmu. Kalau kamu potong lehernya, saya potong leher kamu. Kalau kamu tusuk perutnya, saya tusuk perut kamu. Kalau kamu racun ayam ini, kamu juga akan saya racun.” “Wah gawat ini!”, kata Abu Nawas. Setelah Abu Nawas berpikir sejenak, ia membawa ayam tersebut ke belakang untuk membunuhnya. Sesaat kemudian Abu Nawas kembali dengan ayam yang sudah mati lemas kepada raja. Raja memeriksa ayam tersebut, tidak ada bekas dipotong, diracun ataupun ditusuk. Heranlah sang raja dan bertanya pada Abu Nawas, “Bagaimana kamu membunuh ayam ini?” Sambil membuka celana dan membelakangi raja, Abu Nawas memperlihatkan pantatnya sembari berkata, “Tuanku, saya meniup pantat ayam ini selama beberapa menit. Maka matilah ayam ini. Silahkan tuanku tiup pantat saya.” Raja terdiam. Sunyi. Hari itu Abu Nawas mendapat hadiah dari sang raja karena kecerdikannya. Akibat guyonan saya , Nawawi ketua dewan guru menghukum saya tidak mengajar selama 2 hari. Mungkin karena dianggap terlalu jorok.

“MASUK KRISTEN??”
Saya bagaikan kapal yang mati mesin, diombang-ambingkan gelombang. Mengajar tidak konsentrasi, ditegur atasan, tetapi saya tetap tidak pernah cerita kepada siapapun termasuk pada istri saya.

Ada kerinduan membara dalam hati, bahwa saya harus masuk Kristen.

Masuk KRISTEN? Sanggahku dalam hati. Mana boleh saya masuk Kristen!!
Di pesantren saya adalah dewan guru paling dikenal oleh santri dan wali santri, akrab dengan karyawan. Dikenal baik oleh masyarakat Haurgeulis – Indramayu dan para tamu-tamu yang sering berkunjung. Kristen adalah keyakinan yang paling saya takuti, karena itu saya serang dan lawan! Saya adalah kader Muhammadiyah pusat, dididik dalam disiplin ketat, dibeasiswai oleh organisasi besar di Indonesia. Paman saya adalah pendiri Muhammadiyah di Bima, mertua saya tokoh di Jepara. Saya malu.
Saat masih kuliah saya berhasil mengislamkan 15 orang Kristen melalui dakwah2 di desa-desa Soli, Wono Giri, Sukoharjo, Klaten. Bahkan seorang pendeta pun pernah saya islamkan.

Sekali lagi, masuk Kristen?? Ah mana boleh saya masuk Kristen. Sebagai guru, saya tidak boleh bertentangan dengan apa yang sudah saya ajarkan kepada murid-murid saya. Untuk menenangkan hati, saya mencoba membaca Alquran dengan harapan tidak sampai masuk Kristen. “Bersyukurlah kepadaKu dan kepada kedua orang tuamu. KepadaKu tempat kembalimu yang terakhir dan apabila mereka memaksa engkau untuk musyrik kepadaKu dan kamu tidak ada pengetahuan tentang itu, janganlah engkau taat kepada mereka, dan tetaplah bergaul dengan mereka di dunia dengan baik dan ikutlah jalan orang yang kembali kepadaKu.” Qs 31:14-15. Pikir saya, ayat ini akan semakin menguatkan iman Islam saya. Tetapi ternyata malah semakin membuat saya bimbang dan ingin bertekun dalam TUHAN. Saya berdoa, “Tuhan, beritahukanlah jalan-jalanmu. Bawalah aku berjalan dalam kebenaranMu. Sebab Engkaulah Tuhan yang menyelamatkan aku. Tunjukkanlah aku jalan yang lurus, yaitu jalan orang-orang yg telah engkau beri nikmat atas mereka. Bukan jalan yang Engkau murkai dan bukan pula jalan yang sesat.”

Semakin saya merenung pada keyakinan lama saya, semakin tersingkap bahwa jalan yang sudah saya tempuh dulu membingungkan. Saya tidak mau seprti Amrozi, Imam Samudra, atau Nurdin M Top.

Sesungguhnya Isa benar-benar mengetahui hari kiamat, maka janganlah kamu ragu tentang kiamat. Ikutlah aku (Isa), inilah jalan yang lurus, Qs 43:61. Semakin tegap langkah saya mengikuti shirotal mustaqim yaitu Yesus Kristus. Dialah Jalan, Kebenaran, dan Hidup!

Saya menemukan kebenaran ajaran Kristen ini sama sekali bukan karena kepandaian atau kecerdasan mempelajari Alkitab dulu. Juga bukan karena ceramah pendeta/penginjil. Tapi ini semua adalah karya Roh Kudus. Sejak kuliah saya rajin baca Alkitab. Tiap minggu pagi saya dan Syamsul Hidayat ikut teologi yang diasuh oleh Kiai Arkanuddin Solo. Namun bukan untuk mencari kebenarannya melainkan untuk mencari ayat-ayat yang dapat menunjang pendirian saya sebagai mubaligh muda yang melawan derasnya arus iman orang Kristen dan menyerang mereka. Saya menulis “Jilbab dalam Injil” yang dimuat dalam majalah Panji Masyarakat. Saya juga menulis “Puasa menurut Agama-Agama Besar di Dunia”, “Sholat menurut Quran dan Alkitab”, “Kasih menurut Islam dan Kristen”. Rupanya saya selama ini terlalu keras hati memalingkan wajah dari FirmanNya. Roh kudus masuk kerelung hati saya sehingga tanpa disadari mengubah paradigma saya tentang kekristenan dan orang-orang kristen.

Saya membaca riwayat tokoh-tokoh Kristen yang menjadi muslim seperti Leopold Weiss, Ismail Alfaruqi, Roger Graudy, Mariam Jamilah termasuk Maurice Buccaille yang mengarang buku “Bible, Quran dan Sains Modern”. Saya sangat menghargai mereka, tetapi itu semua tidak menyurutkan semangat saya masuk Kristen. Saya tau bahwa mereka pindah agama karena ketidakpuasan terhadap praktek keagamaan, lingkungan, keluarga, dan gereja. Tetapi saya tahu persis diri saya, dan saya masuk Kristen bukan karena kekuatan saya melainkan kasih karunia Tuhan. Saya menjadi Kristen bukan karena saya tidak tahu agama.

Saya juga bertemu secara pribadi dengan orang-orang yg sudah masuk islam. Semua mengagumkan, tetapi panggilan yang ajaib mengalahkan semuanya. Bahkan saat saya mempersiapkan buku ini, ada murid saya yang menangisi saya setelah tahu saya manjadi Kristen.

“Abi gila”, tulisnya dalam sms.
“Saya minta maaf padamu nak”, balasku dengan sedih dan meneteskan air mata.
“Dian menyesal kita pernah bertemu dan abi mengajar Dian.”
“Aku tahu kalau Dian capek menangis terus, maafkan Abi nak!”, balasku lagi.


BAB III
 
Empat Maret
 
Inilah tanggal yang disepakati oleh saya dan pak Bagdja, untuk datang ke Cirebon dan menerima Yesus sebagai Juruselamat. Saya hanya ingin pak Bagdja dan istrinya saja yang tahu saya masuk Kristen, saya malu. Siang hari saya sudah siap naik kereta api dari Indramayu ke Cirebon. Jam 3 sore saya sudah sampai rumah beliau. Begitu buka pintu, saya kaget. Ada 18 orang hamba Tuhan di dalam rumah. Mereka dari Semarang, Cilacap, Cirebon dan Jakarta. Saya langsung pucat seperti mayat, tapi saya mulai berpikir mungkin syarat menjadi orang Kristen harus diterima banyak orang. Begitu duduk saya mulai ditanya macam-macam. Saya gugup, saya tidak suka ditanya-tanya. Saya menahan diri untuk tidak marah. Mungkin ini syarat kedua, kalau menjadi orang Kristen harus ditanya-tanya. Sore itu hampir saja saya gagal menjadi Kristen, karena ada pertanyaan yang membuat saya naik darah begini, “Apa agama yang membuat orang selamat dan masuk sorga?”

Saya kebingungan jawab apa, saya pikir kalau jawabannya salah saya ditolak jadi orang Kristen. Akhirnya saya memutuskan tidak perlu menjawab pertanyaan-pertanyaan ini. “Pak, saya Ini orang buta, tuntun saya terima Yesus, sudah, jangan tanya macam-macam”. Semua terkesima dan tidak bertanya-tanya lagi. Mereka menarik saya ke ruang sebelah untuk membuat surat pernyataan di atas materai 6000. Setelah membuat surat pernyataan, jam 5 kami berdoa bersama-sama. Saya tidak biasa berdoa dengan mata tertutup, selama berdoa saya buka-tutup mata saya. Doa dipimpin pak Lukas dari Semarang. Setelah itu saya melihat mereka semua terharu dan meneteskan air mata. Saya tidak bisa menangis untuk hal semacam ini. Sebelum menjadi orang Kristen, saya tidak biasa menangis. Saya hanya bisa menangis kalau nonton film India. Selanjutnya saya banyak belajar dari mereka tentang Alkitab, menonton vcd kesaksian, berdoa, dan lain-lain.

Saya ke Semarang selama 3 hari untuk belajar berdoa, Alkitab, mendengarkan kaset, dan nonton VCD. Pulang ke Indramayu ketemu keluarga, pergi ke Jakarta, belajar di rumah mreka, pulang lagi. Istri saya bingung, saya semakin misterius. Perhatian saya selanjutnya adalah memindahkan keluarga dan mempengaruhi anak-anak agar keluar dari pesantren Al Zaytun Indramayu


BAB IV
 
Saddam Husein Menangis
 
Tatkala pulang dari Bima, anak saya nomor dua kelas 6 SD tanpa sengaja tahu bahwa saya masuk Kristen. Sore itu, kami bertamu ke pak Anton dirumah saudara Yusak Surabaya. Sebelum pulang, tuan rumah berdoa untuk menguatkan iman saya. Tiba-tiba tanpa diduga-duga Saddam masuk dan duduk sebelah saya. Mendengar doa itu dia menangis dan geram. Sampai di penginapan dia melempar sepatu dan pakaian yang baru dibeli, menangis dipojok dan mengintrogasi saya.

“Kenapa abi masuk Kristen?”
“Saya tidak masuk Kristen”, jawab saya.
“Tapi dalam doa pak Yusak, jelas Abi sudah menjadi orang Kristen”
“Saya tidak masuk Kristen, tapi saya tobat.”
“Itu namanya masuk kristen, Abi hanya berkelit.”
“Ok Saddam, sekarang mana yang lebih baik praktek agamanya, orang Kristen atau non-Kristen?”

Dia berpikir sejenak, tapi yang jelas beberapa hari mengikuti saya Saddam telah mampu membedakan cara bergaul orang Kristen yang teratur dan disiplin.

“Tetapi abi bisa memajukan agama kita”, rajuknya lagi.
“Jawab dulu pertanyaan saya Saddam.”
“Orang Kristen!”, jawabnya.
“Nah itulah jawabnya kenapa Abi masuk Kristen!”
“Saya tahu abi hebat dalam memimpin orang. Abi bisa kembali ke Bima dan memajukan agama kita di tempat kelahiran abi.”
“Saya hanya dapat memajukan manusia karena ada pegangan yang mampu mengubah manusia sesuai keinginan Tuhan. Alkitab melarang kita meminta-minta, berhutang, melarang membalas kejahatan dengan kejahatan. Tuhan tidak perlu dibela, kita tidak perlu bela agama. Perjanjian baru melarang manusia membunuh manusia atas dasar perbedaan keyakinan.”

“Sejak kecil, Abi sudah memiliki Kitab Perjanjian Baru, tetapi nenekmu merampasnya dari abi. Semangat abi terus membara untuk mencari sekolah yang mengajarkan Alkitab. Puji Tuhan, abi dapat beasiswa untuk kuliah di Universitas Muhammadiyah Surakarta, fakultas Ushuluddin.”

Saddam masih gelisah, sebentar memegang kitabnya, sebentar memegang Alkitab. Sebentar duduk di kursi, balik lagi di kasur.

“Sekolah apa itu, bi?”
“Abi kuliah di Fakultas Ushuluddin, jurusan perbandingan agama.”, jawabku.

Saddam merenung, lalu berkata, “Kalau begitu, beri Saddam kesempatan untuk belajar perbandingan agama, bi. Saddam tidak mau mengikuti agama abi dengan terpaksa.”
“Yah, silahkan nak. Kesempatanmu luas dan doakan abi banyak rejeki untuk meraih cita-citamu. Tapi saran abi, ikuti abimu masuk Kristen. Karena abi sudah lama melakukan studi perbandingan agama dan menurut abi pilihan tepat adalah Kristen.”

Saddam tetap menolak.

“Jadi selama ini, orang beragama karena ikut agama orang tua ya, bi?”
“Ya nak, 90% manusia beragama karena ikut orang tua. Bukan karena kesadaran atau belajar kebenaran.”, Jawabku.

“Bagaimana kami dan umi? Apakah abi akan menceraikan umi?”, Saddam bertanya dengan mata berkaca2.

“Kalian bebas memilih. Abi orang demokratis tapi jangan ganggu keimanan abi. Mengenai umi, abi hanya kenal satu suami untuk satu istri. Abi bertanggung jawab bagi kebahagiaan umi sekalian.”

Saddam tidak jadi menangis.

“Kalau sudah sampai di rumah, Saddam akan diskusi dengan bang Fikri dan dik Kadafi.”
“Boleh saja diskusi, tetapi jangan kasih tahu dulu, kalau abi sudah masuk Kristen.”
“Kapan dikasih tahu?”
“Kalau kita sudah pindah dari Heurgeulis, dan abi punya cukup uang untuk mengontrak atau beli rumah.”, jawabku memberi pengertian.

Jam dinding tepat pukul 23.00.

“Hati saya sudah lega bi, Saddam mau tidur dulu.” Katanya, sesaat kemudian Saddam sudah tertidur pulas. Kucium pipinya. Sampai dirumah Haurgeulis, istri saya membujuk saya untuk mengajar di pesantren. Tapi mana mungkin saya kembali. Pantang surut ke belakang. Berbagai cara istriku mengajak untuk merenungkan kembali keputusan saya. dengan jabatan dan kehormatan yang saya terima, tetapi saya tetap bersikeras.

“Pindah Jakarta”
Menjadi Kristen itu sangatlah menakutkan, bahkan mengerikan! Terlintas dalam benak saya, keluarga dari istri pasti akan mengucilkan. Dulu adik saya perempuan kawin dengan orang Batak dan tidak pulang kampung sampai sekarang. Kenapa? Dia masuk Kristen ikut suaminya kemudian dikucilkan oleh keluarga besar kami. Tetapi saya yakin, kalau hal-hal seperti itu terjadi, Tuhan pasti akan cukupkan segala kebutuhan saya.

Minggu pertama pertobatan, saya dan Saddam pulang ke Bima untuk pembagian warisan. Saya hanya mengambil sebidang tanah wasiat dari ayah. Firman Tuhan terus menguatkan saya, Matius 10: 34-36 : “Jangan kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk membawa damai di atas bumi; Aku datang bukan untuk membawa damai, melainkan pedang. Sebab Aku datang untuk memisahkan orang dari ayahnya, anak perempuan dari ibunya, menantu perempuan dari ibu mertuanya, dan musuh orang ialah orang-orang seisi rumahnya.” Pertobatan dapat memisahkan satu keluarga dengan saudara sendiri. Keluarga bukanlah alasan menolak menjadi murid Tuhan. Jika keluargaku membaca kesaksian ini, mereka pasti akan memaki-maki, mencibir, mencemooh bahkan mereka telah mengucapkan segala nama binatang kepada saya. Tetapi saya berdoa dan tetap ramah pada mereka. Saya balas sms mereka dengan tekun dan saya berharap mereka dijamah Tuhan.

Akhirnya kami mendapat kontrakan di Jakarta selama 2 tahun. Kami pindah ke situ. Setelah 1 minggu, rumah pun rapih. Saya memberanikan diri memberitahu istri saya bahwa saya sudah masuk Kristen. Reaksinya sungguh tak terduga.

Berhari-hari istri saya menangis, dia tidak percaya, “Kamu pikir kamu itu siapa? Kowe iku Kyai! Kok iso-isone dhadi wong Kresten?” Dia terus menangis. Aku juga ikut menangis bersama dia.

“Kamu telah menghancurkan masa depan saya dan anak-anak saya. Kalau sudah begini kamu mau makan apa? Gaji dari mana? Kamu tinggalkan karir yang telah dibangun bertahun-tahun. Kendaraan kamu tinggal, tanah yang kamu beli dibiarkan. Kamu gila!”

Saya tidak menjawab semua omongan istriku. Saya diam saja.

BAB V
 
Istriku Meninggalkan Rumah
 
Saya bersaksi kemana-mana, banyak orang terima Yesus. Saya juga mengajak istri saya, tetapi dia menolak mentah-mentah. Dia menentang saya. Orang lain banyak yang terima Yesus, istri sendiri menolak. Saya seperti laki-laki impoten.

Hanya 7 bulan tinggal bersama, dia kabur membawa 3 anak ke Jepara. Diantar oleh Manan adik saya. Mereka tinggal di rumah kakak ipar. Hari-hariku penuh air mata. Saya kacau balau. Saya telepon istri dan anak-anak saya. Kami menangis bersama. Istri mengajak saya kembali ke Islam. Saya menolak. Saya mengajak dia memilih Kristen. Dan dia juga menolak. Saya mendengar anak-anak menangis. Telepon putus, padahal saya masih mau berbicara. Saya tidak menyerah. Saya telepon istri agar bertemu, tapi dia bilang tidak mau ketemu. Saya tanya kenapa, jawabnya karena saya najis. Karena saya sekarang makan babi. Saya tetap berjuang, saya ingin anak-anak saya mengikuti ajaran injil yang penuh toleransi dan damai.

Akhirnya perjuanganku tidak sia-sia, istriku mau ketemu dengan asal tidak bersentuhan. Saya setuju, yang penting bisa ketemu anak-anak. Malam itu aku langsung ke terminal Pulo Gadung naik bus malam dari Jakarta ke Jepara. Jam 5 aku tiba. Anak-anakku berdiri menanti di halaman rumah. Aku cium mereka satu per satu. Todal tajam, air mata rindu menetes. Aku masuk rumah, istriku duduk menjauh. Tidak mau menyentuh tanganku yang terulur.

“Istriku, anak kita akan menderita kalau kita cerai.”
“Oke, aku mau hidup suami istri lagi, tapi dengan syarat kmu masuk Islam lagi.”
“Istriku, aku tidak mungkin masuk Islam lagi. Aku hanya bisa hidup dalam Kristus dan Kristus hidup di dalam kamu. Aku hanya mencintai kamu, aku tidak bisa kawin dengan empat istri.”
“Kalau kamu mau kawin lagi silahkan, asal kembali ke Islam.”, kata isteriku lagi.
Tidak akan aku mengkhianati cintaku padamu dan aku tidak akan pindah ke lain hati, tetapi aku mencintai Yesus lebih dari segalanya.

Istriku putus asa, marah karena gagal mengajak saya menjadi muslim. Dia mengambil gunting. Aku segera berkemas memasukan laptop dan LCD dalam tas. Istriku mengejar dengan gunting di tangan. Aku segera berlari menuju pintu untuk mengambil sepatu. Istri saya mengejar bahkan gunting hampir menancap di punggung saya. Saya tidak sempat meraih sepatu, saya dobrak pintu. Istri saya menggunting sepatu sampai terburai dan melemparkan ke saya. Saya meloloskan diri menggunakan sandal jepit. Kabur naik bus ke Surabaya. Dalam bis saya menangis, Oh Tuhan apa salah hambaMu ini? Kok jadi orang Kristen malah tambah susah? Dalam bis saya terus menangis karena tak kuasa menahan haru, meskipun saya agak malu dengan penumpang lain. Saya duduk melihat keluar sepanjang jalan. Saya melihat hutan dan pohon jati yang tegak teguh ke langit. “Itulah jati diriku”, pikirku. Aku tak akan goyah.

Sampai di Surabaya saya siap pelayanan, saya jalan di mall Pakuwon. Ada yang menegur kenapa saya karena memakai sandal jepit. Setelah saya jelaskan dia terharu. Dia ajak saya ke toko sepatu. Setelah mencoba sepatu yang cocok, tak terasa air mata membasahi pipi. Sambil berjalan dengan sepatu baru, saya memuji Tuhan dalam hati. Perempuan penjaga toko memanggil-manggil, “Pak, sandalnya ketinggalan!” Aku pura-pura tuli. Air mata di pipi kubiarkan saja. Tuhan tahu tadi pagi sepatuku robek dan Dia ternyata tidak mempermalukan hambaNya. Dia hidup.



BAB VI
 
Yesus Waktu Aku Kecil
 
Menjelang ujian SD saya bermimpi duduk bersama nabi-nabi besar. Sebelah kanan Yesus, Musa, Ibrahim, Nuh dan sebelah kiri nabi Muhammad SAW. Mereka berpakaian putih dengan wajah ramah dan berseri-seri. Pagi-pagi saya menyatakannya kepada kakak saya Aisyah, “Tadi malam saya bermimpi duduk bersama para nabi besar di langgar (mushola) kita”. Jawab kakak saya, “Oh, kau telah melihat mimpi yang benar. Karena setan tidak dapat menyerupai wajah nabi”.

Kini saya paham makna mimpi tersebut, bahwa hidup saya seperti mengikuti arah jarum jam yang berputar dari kiri kekanan. Dari mengikuti ajaran nabi Muhammad, nabi Nuh, nabi Ibrahim, Nabi Musa dan terakhir ajaran Tuhan Yesus. Sewaktu SD saya memiliki kitab Perjanjian Baru, Mazmur, dan Amsal berwarna putih. Kitab itu diberikan oleh sepupu Fatimah anak guru Said dan selalu saya baca setiap ada kesempatan bahkan sering saya baca dengan keras. Suatu hari ibu saya mendengar, lalu mengambil kitab itu dan menyembunyikannya. “Nanti kamu akan masuk Kristen”, kata Ibu saya.

“Tidak mungkin mama, saya anak guru agama dan saya akan jadi pembela agama yang tangguh. Janji mama, tidak akan terjadi.”, kataku kepada mama yang sudah mulai kuatir.
“Baiklah, tapi mama tetap menyimpan kitab ini sampai kamu besar nanti.”, katanya lagi. Hingga beliau meninggal, kitab warna putih itu tidak diketahui lagi dimana rimbanya.
Sejak mama mengambil kitab tersebut, saya mulai cari info pada saudara-saudara tentang sekolah yang mengajarkan Alkitab. Mereka menyarankan masuk fakultas Ushuludin jurusan perbandingan agama. Ternyata bukan kebetulan kalau setelah lulus SMA saya dapat beasiswa dari pimpinan pusat Muhammadiyah untuk kuliah di Univrsitas Muhammadiyah Surakarta sekaligus mondok di pesantren Hajjah Nuriyah Shobron, Makamhaji.

Saya dan Ikhwan tanpa pikir panjang mengambil fakultas Ushuludin jurusan perbandingan agama. Selama kuliah pengalaman keagamaan saya tumbuh bagus. Saya selalu mendapat tugas mubaligh hjrah di Klaten dan Wonogiri. Saya juga asisten dosen mata kuliah Al-Islam dan Kemuhamadiyah di FKIP dan fakultas psikologi.

Ada satu kejadian lagi yang sangat berkesan dalam hidup saya tentang orang Kristen
Sebelum masuk kuliah, saya berkunjung ke rumah bibi saya di Pancoran Jaksel. Turun di Terminal Pulo Gadung lalu naik bus ke arah Blok M. Duduk di sebelah kanan saya ternyata pemuda Kristen. Dia menanyakan tujuan saya dan saya jawab mau ke rumah bibi saya (sambil merogoh kantong mengambil secarik kertas).

“Sudah pernah kesana?”
“Belum!”
“Boleh saya antar?”
“Terima kasih sekali!”, jawabku gembira.

Pemuda ini sekitar 3 tahun lebih tua dariku. Dia yang bayar ogkos bis, becak, menanyakan alamat dan mengantar sampai ke rumah bibi. Seusai minum, dia pamit pulang dan saya kasih uang karena telah membantu saya. Tetapi dia menolak dengan halus, “Saya masih punya, terima kasih”, katanya. “Bah!”, kataku dalam hati, “Dia pula yang berterimakasih padahal dia yang lelah.” Pemuda itu keluar pintu rumah dengan tersenyum, saya tertegun, terkesima hingga pemuda itu hilang dari pandangan mata.

Saya bahkan lupa menanyakan siapa namanya. Wahai saudaraku, kalau saudara membaca tulisan ini saya berterima kasih dan ingin berkenalan dengan Anda.



BAB VII
 
Tetap Teguh
 
Saya merasa bersalah kepada istri saya, tapi saya tidak mungkin mundur. Ternyata jadi Kristen itu ada harga yang harus dibayar. Tapi apakah ditinggal anak istri adalah harga yang dimaksud? Tuhan menginginkan setiap pernikahan kita menjadi sarana untuk mengalami kehidupan yang utuh. Suatu hari, pernah saya ke Jepara bersama pak Bagio dan pak Imam. Jam empat pagi saya tiba di Jepara. Tidak ada yang berani buka pintu. Saya paksa buka pintu dan bertemu istri saya. Saya hendak memeluknya tetapi dia teriak memanggil kakaknya.

“Kamu mau apa?”, tanya iparku.
“Kakak mau apa?”, gertakku sengit.
“Saya usir kamu”.
“Enak aja mengusir saya, anak-istri saya di sini.”, jawabku.

Kakak ipar saya memanggil polisi. Empat orang polisi datang, tetangga juga berdatangan.

“Jangan coba-coba sentuh saya, polisi, kamu belum tau siapa saya?”, saya gertak mereka (maksudnya kalau belum tau, tanya!).

Polisi bilang kalau kedatangan mereka hanya untuk berjaga-jaga, “Jaga di luar! Jangan ikut campur urusan rumah tangga!”, jawab saya lagi. Mereka keluar ke halaman. Semua keluarga jadi takut karena saya bisa mengusir polisi. Pak Bagio dan pak Imam yang mengantar saya kabur, karena mobil mau dibakar. Pagi itu, tersiar berita bahwa menantu pak Marhadi sudah jadi pendeta.

Sorenya saya berhasil merayu anak sulung saya Fikri makan di luar. Dia mau dan akhirnya saya “culik” ke Surabaya. Bertemu dengan pak Dharmanto, beliau malah menyarankan saya mengembalikan Fikri. “Wah ini dapet orangnya ga dapet hatinya.”, kata beliau. “Maksudnya pak?”, tanyaku. “Pak Abraham harus mengembalikan anak tersebut”, jawabnya.

Gagal rencana saya, padahal Fikri mau saya bawa ke Bima, tinggal dengan kakakku biar istri saya tahu rasa. Dua hari kemudian saya dan Fikri kembali ke Jepara. Dan istri saya ternyata sangat bahagia. Dia mendekati dan mencium saya. saya juga bahagia, kusentuh tangannya dan menciumnya sambil meminta maaf. Saya semakin rajin mendoakan istri dan anak-anak. Tak ada sedikit pun niat untuk berpisah dengan mereka, walaupun istri saya tidak mau tidur dengan saya.

“Tiap makan saya selalu mendoakan kamu, istriku, agar kamu diberkati Tuhan.”, kataku suatu kali dalam telepon. “Saya juga selalu mendoakanmu suamiku”, jawab istriku. “Apa doa kamu buat saya?”, tanyaku. “Saya berdoa kepada Allah setiap usai sholat agar kamu kembali menjadi muslim”, jawab istriku. “Wah kamu salah berdoa, karena tidak mungkin Tuhan mengabulkan doa seprti itu”, kataku. Suaranya tambah lama tambah pelan lalu menangis. Kucoba menenangkannya.

Kami memang saling mencintai, kalau ketemu kami saling melepas kangen. Aku cukup mencium tangannya dengan mata berkaca-kaca. Dia menatapku penuh makna. “I Love you”, bisikku.

Lama kami berpisah, istriku minta cerai tapi kutolak. Istriku memintaku kembali ke Islam, tapi aku tetap menolaknya. Saya tetap teguh dengan pendirian saya. Bila bertemu dengan istriku, saya habis-habisan memberi pengertian tentang kekristenan. Suatu hari saya bilang pada istriku bahwa muslim harusnya merayakan natal juga, bahkan dengan meriah. Istri saya heran. Saya jelaskan padanya bahwa dalam Alqur’an hanya Yesus (Isa) yang kelahirannya diceritakan dengan penuh sejahtera. Istri saya kaget, lalu saya perlihatkan ayatnya. Kami terus terlibat dalam diskusi ayat-ayat Alquran dan Alkitab.

Akhirnya Desember 2008, istriku dibaptis. Sempurna sudah kebahagiaan saya. Dua tahun saya bergumul dan berdoa kepada TUHAN. Dan Dia menjawabnya dengan indah.


BAB VIII

 
Beberapa Alasan
 
1. Murid-muridku
Saya sangat dekat dengan mereka dan mereka tahu bagaimana saya membela agama. “Abi sudah tidak waras lagi”, kata muridku di Yogya. Lain lagi dengan kata anakku, “Saya bangga dengan abi, karena pembela agama yang berkobar, tapi kenapa abi masuk Kristen?”, kata Fikri pada uminya. Saya juga sering bertemu santri di berbagai tempat. Di Balikpapan saya bertemu dengan wali santri, mereka berterimakasih atas bantuan saya dalam mendidik anak mereka. Saya jawab bahwa hal itu sudah menjadi kewajiban seorang guru. Saya kuatir dalam hati dia belum tahu kalau saya sudah jadi orang Kristen.

Selama kesaksian ini belum terbit, saya masih tiarap. Saya tinggalkan pesantren. Teman-teman di dewan guru berusaha menahan saya, tetapi saya tetap teguh dengan keinginan hati saya. Kesaksian ini adalah sebuah bentuk jawaban terhadap semua pihak yang menanyakan mengapa saya masuk Kristen. Termasuk buat keluarga besar saya. Semoga setelah membaca ini mereka akan mengajak saya berdialog tentang Islam dan Kristen. Dengan dialog, kita bisa memperluas wawasan tentang pentingnya hubungan yang harmonis antar umat beragama karena agama tidak boleh dipaksakan (QS 2:256).

2. Ekonomi
Menjadi Kristen tidak perlu ragu, apalagi tentang masalah ekonomi. Contoh, takut lapar? Tuhan telah menyiapkan makanan yang cukup. Ingat mukjizat 5 roti 2 ikan. Ingat kata Yesus (Matius 6:25).

3. Perilaku
Ini yang saya risaukan, dunia tidak menyaksikan apa yang diramalkan Samuel Huntington. Dia meramalkan bahwa akan terjadi bentrokan budaya yang hebat. Tapi yang terjadi bukanlah bentrokan budaya ataupun agama. Tapi bentrokan antra modernitas dan ketidakpahaman. Bentrokan antara dua kubu yang hidup saling bertentangan secara diametral. Antara manusia yang hidup abad 21 dan abad pertengahan. Pertarungan manusia yang belum beradab dengan manusia beradab.
Konsep bentrokan peradaban ini diungkapkan oleh Samuel Huntington, dan “eksekutornya” adalah golongan yang meradikalkan diri atas dasar golongan dan keyakinan tertentu. Ketika ada yang membagi dunia menjadi merah dan putih, atau membagi dunia dengan Kristen dan non Kristen dan menyatakan perang abadi terhadap yang non atau sebaliknya, mereka tunduk kepada kehendak yang kuat maka inilah akar masalah dan sumber konflik.

Saya bingung dengan orang yang suka mempermasalahkan kepercayaan orang lain, bagi saya apa yang saya percayai adalah urusan saya, bukan urusan mereka. Saudara silahkan menuhankan batu, selama anda tidak melemparkan batu itu kepada saya. Anda bebas menyembah apa saja, namun kepercayaan orang lain bukanlah urusan Anda. Apa urusan Anda kalau ada orang yang percaya bahwa Kristus adalah Tuhan? Putra Maryam. Atau bahwa setan adalah Tuhan? Biarlah orang percaya apa yang mereka mau yakini. Kita disuguhkan berita sekelompok orang mendatangi tempat yg dianggap sesat, lalu usahanya dibakar, rumah dirusak, bahkan ada yang dibunuh. Kejadian seperti ini sering kita lihat. Mereka mencoba memberlakukan hukum islam. Hukum Islam tidak bisa diberlakukan di sini. Perusakan cafe, lokalisasi, dan lain-lain seharusnya boleh dilakukan jika hukum Islam sudah berlaku di negara ini. Jangan setengah-setengah. Sebagai contoh hukum Islam: yang berzinah dirajam, pencuri dipotong tangannya, tiap jum’at muslim dipaksa ke masjid, dan lain-lain. Kalau hal-hal seperti itu belum berlaku, siapa yang bisa menjamin bahwa yang merusak cafe itu sholatnya tekun (pelaksana hukum islam)?

Banyak orang Kristen pindah agama, apa harus dihukum murtad oleh orang Kristen? Atau dicari-cari untuk dibunuh? Malah dibiarkan saja. Bagi orang Kristen itu urusan dia dengan Tuhan. Beragama adalah hak asasi manusia. Biarkan saja! Terorisme telah melumpuhkan saya pada kepercayaan lama.

Dunia patut berterima kasih pada bangsa Yahudi atas penemuan dan kemajuan sains pada abad 19 dan 20. Ada 15 juta orang Yahudi diseluruh duniaa, mereka bersatu dan memenangkan hak mereka lewat banting tulang dan peras otak. Saya belum pernah melihat orang Yahudi meledakan diri mereka di hotel Jerman (ingat Holocaust). Atau orang Yahudi yang membakar gereja. Belum ada satu Yahudi pun yang memprotes sesuatu dengan membunuh orang lain.

Walau Taliban telah menghancurkan 3 patung suci Budha, belum pernah kita melihat satu orang budha membalas menghancurkan masjid, membunuhi muslim atau membakar kedutaanya.

Saya sadar bahwa di jaman sekarang, hanya agama yang penuh toleransi dan kasih saja yang akan dipilih oleh orang-orang intelek. Cara-cara kekerasan tidak akan menghasilkan apa-apa. Ajaran yang kumuh, akan segera lisut seperti rumput kering. Dalam banyak negara, ajaran agama adalah sumber pendidikan dan menjadi pusat pembentukan ideologi seseorang. Saya telah mencapai titik di mana saya akan terus mempelajari ajaran dari kitab-kitab suci agama-agama besar. Karena Firman Tuhan adalah Ya dan Amin. Dan ketika saya baca ayat dalam Qur’an, memang banyak ayat perang terhadap kafir, dan sebagainya. Tapi dalam pemahaman ayat-ayat Qur’an, sangat diperlukan perhatian ulama dan pendeta untuk bisa menjaga toleransi dan perdamaian. Karena banyak ayat-ayat Qur’an yang akhirnya digunakan oleh sebagian kelompok kecil untuk membenarkan semua tindakan melawan hukum Negara yang sah. Manusia tidak berhak mencabut nyawa orang lain atas nama agama.

4. Kasih sayang
Kasih sayang artinya saling bekerja sama tanpa memandang iman, warna, bahasa dan asal usul. Mencoba membangun metode pemahaman baru dan menghormati satu sama lain. Bayangkan kalau kita terus bertikai karena agama, bagaimana anak cucu kita menulis sejarah nenek moyangnya?

5. Teman baru
Buku ini pasti akan dibaca banyak orang, termasuk teman-teman saya. Jangan menghujat teman, mari kita berdialog untuk hidup yang lebih baik. Mari kita bangun persaudaraaan yang lebih baik antar umat beragama. Telah banyak darah yang mengalir hanya karena membela agama. Saya siap berdialog dengan Anda kapan saja, Ok?



BAB IX
Penutup
Sampailah kesaksian ini pada bab terakhir, penulis merasa bahwa ini semua karena kasih karuniaNya. Dialah rahman dan rahim. Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu banyak dalam penulisan kesaksian ini. Kesaksian ini bukan untuk mencari popularitas atau menyinggung siapapun. Semua hanya Untuk kemuliaan Tuhan saja. Trimakasih kepada istriku Natalia N*******I, I Love You. Dan ketiga anak kami, Fikri K******I, Saddam H****n, Muammar K****I, Tuhan memberkati kalian semua. Biarlah kehendakNya yang jadi.

140 comments:

Anonymous said...

Pak saya merasakan kesaksian ini ternyata membuka mata serta minda saya. Saya memang asal nya sejak nenek moyang penganut Kristen (Roman Katolik), tetapi dalam diri saya semenjak lahir saya tidak tahu apa itu Kristen...yang saya tahu kristen Roman Katolik, Tanda Salib dan juga beberapa doa. Saya masih tercari-cari Kristen didalam diri saya ketika itu.Sehingga lah pada suatu hari dalam tahun 2003 saya memberontak terhadap kedua orang tua saya hanya kerana mereka menghalang saya untuk mengikuti satu seminar yang dianjurkan oleh diocese Miri, Sarawak (Saya Asalnya Orang Sarawak,M'sia) dan selepas beberapa hari saya didatangi satu mimpi yang sehingga hari ini saya masih tidak mengerti erti mimpi itu. Saya bermimpi yang saya dikelilingi orang berbaju putih seperti Paderi/Pendeta dalam 10-12 orang dengan posisi saya menyembah. Tanpa bicara saya hanya menangis sehingga terbangun dari tidur(masih lagi menangis). Dari saat itu saya sedar kehidupan yang saya cari selama ini ada dalam saya hanya memerlukan kesungguhan dan ketaatan untuk menyatakan Jesus itu Tuhan dan hidup saya. Sekarang saya merasa tenang sekali kerana kehidupan Roh Kudus telah saya temui. Terima Kasih atas Kesaksian bapak yang membuatkan saya terbuka hati mengongsikan cerita saya hanya pernah saya kongsikan bersama kedua orang tua saya. AMen Puji Tuhan..Alleeluia..

Anonymous said...

Terpujilah Yesus!

Anonymous said...

Kesaksian yg sangat mengobarkan api keimanan.. Terpujilah Tuhan Yesus , sekarang dan selamanya.. Amin

Anonymous said...

Babi anjing kamu, neraka jahanam tempat kamu


Anonymous said...

No Pictures = Hoaxs....

wahyu seiobudi said...

RUGI GHUA BACA,,,, LAMA LAMA,,,, TERNYATA,,,, KARANGAN BELAKA,, JIAHHH,,,,, TAEK ASUUU,,,,,,,,,,,
KABEH AGAMA,,,, TAEK,,,,, ASUUU KABEH,,,,,

orang biasa said...

Yth. Bapak Abraham

Dari tulisan Bapak, dapat diambil kesimpulan bahwa Bapak tidak paham bahkan tidak tahu isi Al Quran. Hal itu terbukti dari terjemahan-terjemahan yang sangat salah dari ayat-ayat Al Quran. Terjemahannya saja salah, apalagi tafsirnya.

Selain itu, tulisan Bapak pun tidak menjelaskan alasan keyakinan Bapak. Hanya ditulis panggilan iman, hehehe

Kesimpulan terakhir yang ingin saya sampaikan adalah tulisan Bapak sangat dapat diketahui kebohongannya. Tidak mesti orang yang sangat pintar untuk mengetahuinya, orang biasa pun tahu itu.

Pertanyaan saya, di agama Bapak, apakah boleh yah menyebarkan agama dengan kebohongan? :D

Anonymous said...

ohhh jadi berawal karena dendam kepada pimpinan pesantren , yg lebih mengutus orang lain dari pada kamu ???? ,,,segitukah iman kamu ?????
Kembalilah bertobat.....

Anonymous said...

Alloh SWT gak rugi salahudin masuk kristen, tapi ngomong ngomong kristenya apaan katolik,protestan ,advent apa kristen yg lain....yg serba gak jelas...

Henrypan Hens said...

Benar dong yg hdup 2000 tahun bukan mhd ttpi yesus jadi jelas dong mhd itu mmalsu kitab cuci. Kenapa otak manusia bodoh? Ajaran baru kan x sama yg lama yg baru psti ada ciptaan baru ttpi yg lama tulin. Mhd dapat kitab dari mana? Ko masa allah yg tulis? Klu mhd sndiri bodoh ya mgkin boleh jadi jin mhd dong

Henrypan Hens said...

Anak2 mhd itu licik seperti umatnya memutarkan fakta dan bersaksi x jelas cara hukum mhd adalh hukum taurat ttpi x langkap sbb hukum taurat kalau nak ikut bisa kojol. Asal kitab mhd juga x jelas dari mana? Kata dari allah ttpi mana buktinya????? Smua x ada bukti? Yg saya heran ko ada kepercayaan mhd jin???? Minta kerja dari jin bisa amat dong!!! Kita manusia yg tercipta dari adam sudah bertetangan ko sama jin tapi bisa amat mhd berkawan dgn jin???? Pelik. Lagi ajaran mhd itu x boleh ini x boleh ttpi membunuh ko boleh mgfitnah ko boleh berdusta ko boleh???? Yg heran bunuh org hadiah bidadari di surga lucu dong. Ehhhhhhh pelik boleh dikatakan ajaran mhd pelik dan ganjil kalau manusia yg punya fikiran waras ajaran mhdd memang gila. Ada2 aja dunia ini yg pelik disembah yg benar di abaikan. Memang manusia sekarang pelik dan bodoh

Anonymous said...

ini buktinya agam saya (ISLAM) itu bener..
(QS-Albaqara:ayat 2-4)
2 ) Kitab (Al Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa,
( 3 ) (yaitu) mereka yang beriman kepada yang ghaib, yang mendirikan shalat, dan menafkahkan sebahagian rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka.
( 4 ) dan mereka yang beriman kepada Kitab (Al Quran) yang telah diturunkan kepadamu (Muhammad) dan Kitab-kitab yang telah diturunkan sebelummu, serta mereka yakin akan adanya (kehidupan) akhirat.

Kalo Ingin lebih jelas nya lagi dengerin dakwah nya USTAD FELIX SIAW mantan khatolik, Itu kalo mau tapi kalo tidak Hiraukan saja komentar saya,,

mohon maaf jika ada perkataan yang menyinggung saudara/i semua
Terimakasih
assalamualaikum warahmatullahi wabarokaatuh

scofield samuel said...

Bpk Abraham yang di kasihi YESUS.tolong pak cantumkan ayat2 di al qur'an.utk sanggahan/utk mjwab keraguan atas kualitas keimanan anda sbg muslim sebelum anda memeluk kristen,,,,dan sekarang anda penganut kristen apa???karna bnyak kesaksian2 ulama2,cendikiawan2 muslim yang pindah memeluk kristen selalu mencantumkan ayat2 dalam qur'an utk memepertngungjawabkan iman kristen mereka,,,,
KESELAMATAN ITU ANUGERAH BUKAN HASIL JERIH PAYAH KITA UNTUK MENYUAP TUHAN DG PERBUATAN KITA ATO AMAL KITA UNTUK MENDAPAT PAHALA
DOSA ITU HARUS DI HAPUS BUKAN DI TIMBANG,,
KEIMANAN KITA HARUS DIPERTANGGUNGJAWABKAN DI HADAPAN TUHAN DAN JUGA DI HADAPAN MANUSIA..
TRIMA KASIH TUHAN YESUS MEMBERKATI..TERUS BERJUANG PAK SAMPAI MENDAPATKAN MAHKOTA KEHIDUPAN KELAK..AMIN

scofield samuel said...

Bpk Abraham yang di kasihi YESUS.tolong pak cantumkan ayat2 di al qur'an.utk sanggahan/utk mjwab keraguan atas kualitas keimanan anda sbg muslim sebelum anda memeluk kristen,,,,dan sekarang anda penganut kristen apa???karna bnyak kesaksian2 ulama2,cendikiawan2 muslim yang pindah memeluk kristen selalu mencantumkan ayat2 dalam qur'an utk memepertngungjawabkan iman kristen mereka,,,,
KESELAMATAN ITU ANUGERAH BUKAN HASIL JERIH PAYAH KITA UNTUK MENYUAP TUHAN DG PERBUATAN KITA ATO AMAL KITA UNTUK MENDAPAT PAHALA
DOSA ITU HARUS DI HAPUS BUKAN DI TIMBANG,,
KEIMANAN KITA HARUS DIPERTANGGUNGJAWABKAN DI HADAPAN TUHAN DAN JUGA DI HADAPAN MANUSIA..
TRIMA KASIH TUHAN YESUS MEMBERKATI..TERUS BERJUANG PAK SAMPAI MENDAPATKAN MAHKOTA KEHIDUPAN KELAK..AMIN

Anonymous said...

bpk abraham yang dikasihi yesus...setau saya di agama kristen itu tidak ada pksaan untuk 1 keluarga harus semuanya memeluk kristen. dalam kristen kepercayaan adalah kebebasan. karna setiap individu berhak memilih kepercayaannya masing-masing. disini sedikit saya amati ada keganjalan. bapak mengatakan yesus hidup dalam diri anda, dan panggilan imam untuk berpindah ke kristen. kenapa anda seolah-olah memaksa anak dan istri anda untuk berpindah keyakinan mengikuti anda seperti kemauan anda, kenapa tidak membiarkan mereka mempelajari dan meyakini sendiri bahwa yesus itu ada? bukankah kepercayaan yang dilandasi keterpakasaan itu tidak baik. dan dalam penguraian kesaksian anda tak seharusnya ada mengatakan seolah hanya agama kita (kristen) lah yang benar & nyata. pada dasarnya semua agama sama. hanya mengajarkan kebaikan. kalau kesaksian anda mau dianggap nyata tolong jangan hanya mencantumkan "panggilan iman" saja, karna keyakinan itu dari hati. saya bisa berkata begini karna saya juga seorang kristen. semoga tuhan memberkatimu dan menyadarkan kekhilafanmu tuan..akan lebih baik kita saling menghormati agar saudara yang menganut agama lain akan menghargai kita. terima kasih

ipin scoter amortize said...

Jadi gila aja sudah

Anonymous said...

Cerita yang ga masuk diakal, terlalu di dramatisir dan berlebihan... Hahahahaa kalo orang yg berpendidikan pasti tau dimana bagian yg ga masuk diakal dalam cerita ini..

Anonymous said...

Luar biasa

ugoy hoki said...

Sya sngat stju, kn jelas tuh,pindah ke kristen cuma gara2 gak d pilih pemimpinnya, jdi pake emosi jg dong, brrti dia blm mengerti agama..hanya mengerti teori tulisan saja tp belom mengerti mksud dan tujuan tulisan Al-qur'an,

ugoy hoki said...

Untuk orng kristen, kristen apa ajalah terserah,,,,sya kasih pertanyaan sekaligus penjelasan dan pemahaman:
1.Apakah yesus itu tuhan?
2.Jika yesus tuhan,berarti dia tahu segalannya?
3.Apakah benar yesus(tuhan)tidak pernah berbohong dan tidak boleh berbohong
4.Apakah benar di dalam gospel mark 13:32 yesus di tanya kapan hari kiamat itu terjadi dan dia pun menjawab TIDAK TAHU.
::::::::nah dari pertanyaan it jelas bhwa yesus itu bukan tuhan, mengapa?karana dia tidak tahu kapan hari kiamat,pdhal kalian bilang dia tahu segalannya, dan kalian bilang dia tidak pernah berbohong, tetapi dia berbohong..kalo dia tuhankn brrti dia tahau kalo kalian lagi ngupil d wc sendirian..tp toh buktinnya dia gak tahu, dan gak tahu hari kiamat kpan dtangnya. YANG begitu kok d bilang tuhan. Saya mau belajar alkitab salkan yg aslinnya, sedangkan yg skrng ini alkitab sudah di robah2 oknum yg tak bertanggung jawab. Masak isi alkitan bisa berobah robah. Gmpanglah yesus jadi juru selamt..dia nyelamatin diri dia aja susah....d paku orang dan gak pake baju, masak tuhan gak pake baju..masak tuhan manusia sebangsa kita.

Anonymous said...

nah kesaksian yang hampir sama terjadi pada diri saya,,,,tetapi saya tidak seberani bapak terang terangan melakukan migrasi dari islam ke kristen...saya mengalami hal yang sama elama ini,,,saya melakukan sholat,,tetapi ujung ujungnya selalu musibah yang datang,,,sampai saya kehilangan ke 3 anak saya,,dan istri saya di bawa kabur oleh captain kapal,,disaat saya berputus asa saya mempelajari islam hakikat dan saya menemukan ternyata pada pembelajaran hakikat itu saya jatuhnya di agama kristen,,,makna yang terjadi pada kehidupan saya adalah saya terpilih untuk menjadi orang kristen,,dan istri saya adalah orang yang sangat taat melakukan syariat,,eh beristrikan dia ternyata sangat berat,,beratttt sekali,,semua usaha saya sia sia,,sampai akhirnya ada lelaki lain membawa kabur istri dan ketiga anak saya itu,,,dan makna yang saya dapat adalah tuhan mencabut beban saya,,,,dan saat ini saya sering berdoa dan memohon pada yesus kristus disetiap permasalahan saya..karena dialah tuhan yang hidup,,,dialah tuhan yang tueun pada tubuh manusia,,,agar mukjijatnya bisa menyentuh umat manusia

Astari said...

Setau saya sih ya "Sesungguhnya Isa benar-benar mengetahui hari kiamat, maka janganlah kamu ragu tentang kiamat. Ikutlah aku (Isa), inilah jalan yang lurus, Qs 43:61. Semakin tegap langkah saya mengikuti shirotal mustaqim yaitu Yesus Kristus. Dialah Jalan, Kebenaran, dan Hidup!"
Ini dimaksud kan pada hari kiamat nanti, nabi isa AS akan diturunikan dimana dia akan menunjukan jalan kepada orang beriman. Nabi isa itu belom meninggal, dia juga gak disiksa dengan dipasung, tp dia udah diangkat Allah SWT naik ke langit.
Well gini deh ya kasarnya, kitab mana yang menceritakan seluruh kisah dari berbagai kitab lain? Al-quran kan.
Apakah bapak percaya dengan nabi muhammad?
Jika bapak percaya tuhan itu esa (bukan trinitas dsb), percaya al-quran itu turun dari Allah, dan percaya akan adanya nabi muhammad maka sesungguhnya bapak berhati islam.
Saya mau bertanya satu hal. Sesungguhnya yang kalian maksud sbagai yesus kritus itu nabi isa AS atau tuhan? Jadi tuhan kalian itu sebenernya siapa? Sekian.

Anonymous said...

Saya sdh tahu alasan pa saefuddin masuk kristen protestan,waktu akan pindah agama dr islam ke protestan,banyak yg menilai alasan bpk cetek pd islam,pasti cetek juga pengetahuan teologi kristen protestan. Termasuk pengetahuan arti akronim kristen protestan. Anda sekarang jadi penganut sekte arena protes (protes+stan) juga penganut sekte kristen arena protesakelamin (protese+stan) jadi sekte kristen yg ulamanya dahulu menjalani operasi kelamin dgn protese (jaman martin luther) secara imani/teologi (sbg protes pd katolik ) yg merampas hak azazi ulama katolik utk memanfaatkan senjata andalan sgb lelaki. Senjata andalan sbg lk yg berstatus ulama katolik (pastur,uskup,kardinal,paus) diharuskan spy melengkung sampai ahir hayat. Kaum protestan tdk mau.masih banyak keinginan utk mengulas,tapi saya cukupkan dulu. Tidak lupa saya ingin memberi saran pd bpk saefuddin abrahan spy jangan mengganggu anak istri yg islam. Sebaga penginjil kristen protestan konsekwen laaah dgn nama kristen protestan ( protes+stan dan protesekelamin+stan) yaitu ikut oprasi protesekelamin alias kawin lg sesama pengikut kristen protestan.

Anonymous said...

Keselamatan itu Anugerah Tuhan bukan usaha manusia.

Anonymous said...

Hahaha... Ini orang kayaknya berbakat jadi penulis
Bagus ya karangannya, sayang digunakan untuk menjatuhkan agama lain

Anonymous said...

Ga usah dicontoh orang sperti bpa abraham hanya akan menjadi kayu neraka yg kekal ...
Kamu bangga menyembah tuhan yesus.. apa bangganya coba

Anonymous said...

Agama Islam agama yang sempurna, contoh kesempurnaannya adalah :
1. Nabinya yg mendapat kebebasan yg luar biasa,kawin dan kawin. (Nabi sebelumnya tidak ada)
2. Tukang bunuh, tukang tipu, tukang bikin berita bohong.

Ahmad Baikuni said...

Bagi Bpk ev Saifuddin Abr yg ex muslim dan bercita cita meraih PAHALA sebanyak banyaknya melalui rajinnya ibadah kebaktian,ibadah doa,ibada sosial dan rajin melaksanakan Kristenisasi. Sebagai tambahan menambah pahala bacalah ayat yg menghujat lelaki kristiani bersunat/berhelm. Bacalah ayat tsb diwaktu pagi,sore dan malam hari menjelang tidur sebanyak yg sempat dibaca. Pahala pasti bertambah.

Anonymous said...

Anjing lu setan,berantem lu ama gua kafiiiirrr pake ngeledek nabi gua,dasar anjing

cintakasihyesus said...

Apapun agamanya, yg penting kelakuannya. Hanya yg hidupnya seperti Yesus (damai, kasih, ajaib) yg dimeteraikan bisa masuk Surga. Hmmm..sebuah kemajuan usaha jadi penghuni Surga.

Anonymous said...

Bagi umat Kristen.., resapi dulu Kitab Kejadian Pasal 1. Baru baca itu aja.., jelas sekali bahwa Kristen dan Kitabnya bukan agama yang pintar. Saran buat kalian jangan pergi sekolah, kuliah atau menuntut ilmu setinggi-tingginya.
Kejadian Pasal 1 bilang "Bumi diciptakan sebelum matahari".
Padahal, ilmu pengetahuan modern yang tidak diragukan lagi, menyatakan bahwa "Bumi diciptakan setelah adanya matahari". Bacalah "Big Bang Theory" yang diakui kebenarannya oleh ilmuwan, para guru di dunia.

Anonymous said...

Halaaahh karangan belaka! Jago ngarang otomatis jago bohong! Wahai domba" yang tersesat, BERTOBATLAH!!!

Bg JoHn Panggabean said...

Tapi ada benar ajaran Kristen.. yang menurut saya masuk akal adalah "menikah untuk sekali seumur hidup dan hanya boleh di pisahkan oleh maut... Karena gw jujur aja ga rela bro kalo bokap gw kawin lagi ..:(

Anonymous said...

di momen inilah iblis dan pengikutnya sangat bergembira, di kala makhluk kesayangan Allah [manusia] berhasil mereka{iblis & pengikutnya} takhlukkan, apalagi ketika manusia terpecah hanya karena hal sangat sepele dan merasa merekalah kebenaran yang hakiki. bukannya toleransi yang diutamakan malah justru saling menjatuhkan. Seolah-olah yang satu telah secara langsung di beritahukan Allah bahwa dia masuk surga dan satu lainnya pasti neraka.

Anonymous said...

Amen . Haleluyaa !!
Teman" muslim kalau mau ada pertanyaan silahkan kunjungi situs answeringislam . Cari aja d google . Seputar pertanyaan anda akan di jawab oleh ahli dan org" yg dulunya muslim . Thx Tuhan memberkati Allahhuakbar

Anonymous said...

Terus kalau adam dan hawa sama manusia purba duluan mana ?

Anonymous said...

Silahkan cari di interrnet atau beli buku islamic invasion . Pasti kmu tau kbnarannya

Anonymous said...

Pada larut malam, saya hendak merenungkan kebenaran.
Setelah hal" lain, saya mencari yang muncul pada permukaan. Manusia"..
Namun sayang, saya tidak kagum pada cerita ini.
Ini samasekali bukan kebenaran. Mungkin penulis harus berpikir dengan otak paling tinggi kalau tidak takut menemukan kebenaran. Kebenaran itu 1!
Sepertinya penulis hanya terayu bujukan syaitan yang menghembuskan was-was.
Semoga Allah memberimu petunjuk. Karena sesungguhnya BERPIKIR dengan benarlah yang baik.

Annisa Silfia said...

Gpp lah itu keyakinan kamu....dan menurut keyakinan saya tulisan kamu gak ada makna dan artinya...semua hanya salah total....

Anonymous said...

Terserahlah orang mau pilih agama apa aja untuk pegangan hidupnya. Yang penting taat, tidak menyusahkan orang lain. Kalau kita muslim jadilah muslim yang baik. Beribadah dengan tekun dan ikhlas. Semoga Allah SWT selalu menjaga hati kita, memelihara keimanan kita. Subhanallah ...

Honda CBR said...

Aku menyembah-Mu, YESUS.

Anonymous said...

Katakanlah: Hai orang-orang kafir,
aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah.

kamu bukan penyembah Tuhan yang aku sembah. dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah.

kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah Tuhan yang aku sembah.

untukmu agamamu, dan untukkulah, agamaku.

Anonymous said...

Cepat atau lambat dunia akan tahu bahwa Yesus lah Raja. :)

ruth marin Silalahi said...

Saya lebih percAya terhadap ajaran kristen yang hidup penuh kasih dan damai.dan Yesus adl juruslamat dunia..saya tidak percaya ajaran islam,percAyA pada allah swt.tp sikaP perbuAtAn dan perkataannya tidak sesuAi.penuh kebencian pd agama lain,meraSa diri benar, bersedekah untuk menghrpkan sesuatu, kawin bisa beberapa x,tdk Ada damai n kasih..kalo islam itu benar ksh contoh yang baik dan benar kpd org2.

Anonymous said...

Lho quran bible itu total bertentangan,,,dari awal gak bisa disatukan..
Allah nya quran bukan bapaknya yesus...tapi kenapa terjemahan bible di indone penulisannya allah ..kan aslinya di barat.herbrew itu god.yahwe

God /bapak yesus mengajari kasih sayang..yesus gak tau kapan hari kiamat hanya bapa yg tahu ,,la tapi sekarang udah bersatu duduk disebelah kanan Bapaknya pasti Yesus tahu dong

Menurut saya s2h Allah nya quran itu beda ama bapaknya yesus,,

Anonymous said...

Pertama Bible tuhannya God,yhwea,eloim,jehovah,,,,sama saja dan terdiri dari satu esa,TAPI memiliki tiga pribadi yaitu Bapak AnaknyaYesus dan Rohkudus
Sedang Quran tuhannya Allah yang esa...tapi maaf di bible asli usa ibrani jahudi TIDAk pernah ada kata Allah ..jadi terjemahan injil di indonesia ngaco .nambahin2 yg gak ada


Dua bible bilang ya yesus sudah ada jauh sebelum abraham ada,penjelasan ya diatas.
Quran bilang Yesus malaikat yg paling disayang Allah....bible bilanga Yesus dan Bapaknya satu pribadi jadi bukan malaikat

Bible bilang Yesus lahir krn roh kudus berbuat ajaib ke mariasedang quran
Bilang Tuhan harus berhubungan seks baru maria hamil.

Empat bible membenarkan bahwa Yesus ada didalam Bapa dan Bapa dalam Dia,jadi mereka satu,,,,meskipun beberapa kali Yesus berkata pula awalnya dia utusan tuhan, pelayan tuhan,,dll. Namun sebgai konteks konotasi pemberi tauladan pada muridnya,,Namun akhirnya Yesus juga yang berkata Bapa dan Aku adalah Satu,,tidak ada yg bisa ke Bapa kalau tidak melalui Aku lah Jalan Kehidupan ,,,...
JADI Yesus menegaskan ke Tuhannya
Sedang Quran bilang Yesus cuma nabi baik. Manusia biasa


Yahwe Yesus begitu cinta pada manusia dan hendak memperbaiki kerusakan yg ditimbulkan dosa adam krn godaan malaikat dikutuk....maka yesus merelakan. Dirinya jadi manusia,mengalami segala penderitaan kita ,memberi contoh kepada kita,,,,tapi Bapaknya ingin dia mati di kayu salib karena segala amal baik kita tidak cukup masuk surga,,,,,,Yahwe mau kita bersih suci karena Darah Yesus persembahan tercela PLUS amalan baik sesuai tauladan Yesus baru kita bbisa masuk surga ,
Sedang Quran bilang Yesus tidak mati karena mustahil Allah begitu jahat menghukum nabi kesayangannya.dll.







Anonymous said...

Tuhan yesus tidak pernah memaksa kita untuk menjadi muridnya, karna iy ingin kita benar2 tulus memilih dia. Tuhan yesus saat ini duduk disebelah kanan Allah Bapa yg maha Tinggi mengawasi kita dari atas sana dan memberikan kita kekuatan iman bagi yg goyah imannya dan memberikan jalan untuk yg ingin memilihnya sebagai Juru selamat.

Teman-teman muslim jgn memusuhi kami karena kami tidak pernah memusuhi kalian, hilangkan lah rasa benci mu ke pada kami anak2 Yesus, kalian sama dengan kami yg membedakan hanya keyakinan kita. Kalau benar islam or al qur'an mengajarkan kebaikan knp tidak kalian ikuti?
Mohon maaf bila ada yg tidak senang dengan comment sya, tlong dimaafkan.
Trimaksih.
GBU ALL

Anonymous said...

Pak Ibrahim dan teman-teman seagama maupun teman-teman muslim.
Saya tidak akan mengkritisi keputusan Pak Ibrahim beralih dari Islam ke Kristen, karena sering kali saya mendengar dan menyaksikan orang Islam pindah Kristen atau sebaliknya orang Kristen masuk Islam, cerita pendeta masuk Islam atau pun Ustadz masuk kristen juga ada.
Buat saya itu adalah hak asasi mereka, dan pasti mempunyai alasan tertentu, dan jika karenanya dikatakan murtad, biarlah mereka berurusan dengan Tuhan penciptanya.
Saya seorang Katolik, tapi saya menunggu nunggu kapan bulan ramadhan itu tiba, saya menyukai Islam tanpa harus masuk Islam. Demikian pula saya banyak mendengar teman-teman saya yang muslim suka mendengarkan lagu Malam Kudus, mereka menyukainya tanpa masuk Kristen.
Pernah dengan azan di dalam gereja Katolik ? silahkan lihat di youtube. Simak pula Kyai Gus Nuril ceramah di gereja ! kepada siapa orang Kristen mengadu ketika gereja dibakar tempo hari ?? bukan kepada polisi, bukan kepada pendeta atau pastur....tetapi kepada Gus Dur yang seorang Kyai.
Percayalah kebersamaan dan persaudaraan itu indah !

Naga sms said...

Kalau kamu semua didasari kasih yang sempurna dari hati kamu yang paling dalam, kamu takkan pernah mau menghujat siapapun, kuasa dan kehendak tuhan dari komentar kamu semua, seolah kamu sudahsangat dalam mengenal tuhan, tapi malah kamu komentar bercampur iblis, bila sekalipun kamu dapat brbuat baik pada sesama itu karna kasih tuhan yg berkuasa atas kamu, bukan kamu yg bbuat baik, jadi carilah tuhan dgn hati damai dan KASiH, maka kmu adalah hamba yg paling. Dikasihinya, berdoalah dan berjagalah setiap waktu, mencari tuhan itu gak gampang bro aplgi kta yg bnyk dosa, agama disoalin, hati yg disucikan bro ,penuhilah dgn kasih, pak araham itu benar, dia gak maksain istrinya, tp istri yg maksain dia, karena yesus dia berdalih pd istrinya, intinya, penuhi hatimu dgn kasih dan cinta damai.. ..tuhan yesus memberkati kita semua.. ..amiiiinnnn.

stefanus sugiyono said...

Awal nya KeBenaran memang menyakitkan''tapi Ahkhirnya Ahkhirirnya MemBebaskas Anda

stefanus sugiyono said...

Sang Sirotol Mustaqiim

Anonymous said...

Sudahlah, itu haknya.
lagipula, hari gini.
ini zaman modern, masih aja percaya agama dsb.
Tuhan aja beda2, kog bisa? Gak bisa di standarisasi berdasarkan bukti2 yg ada ttg keberadaan Tuhan? Ya gak bisa, orang Tuhan itu gak ada.

Sama kayak hantu, berbeda2, tergantung imajinasi seseorang.

Ini zaman modern. Diatas bumi ada galaksi, di atas galaksi ada tak terkira galaksi lainnya.

apakah dengan percaya Tuhan, manusia menemukan hal baru, menjadi pintar dsb?
tidak!
seperti kata albert einstein,
hanya ada dua cara hidup.
Berpikir bahwa semua hal itu adalah berkah/mukzizat Tuhan ( jadi pemeluk agama yg ignorant)
Atau berpikir bahwa semuanya adalah suatu kepastian, yg menarik untuk diteliti dan dicari tahu.

pilih mana? Dikungkung agama kolot, dogmatis(mendikte dan tak boleh protes maupun kritik/pertanyaan)
atau bebaskan diri, genggam kebebasanmum jiwa penasaranmu, cari tahu dan jawab setiap pertanyaanmu.

atheisme udah ada sejak zaman romawi dan yunani.
romawi dan yunani-kerajaan dengan pemikir2 besar dan filsuf2 besar mereka.

dr abel justus said...

Ini adalah kesaksian saya tentang pekerjaan yang baik dari seorang pria yang membantu nama me..My adalah Olivia Jane Mike, dan saya mendasarkan di London.My hidup kembali !!! Setelah 8 tahun menikah, suami saya meninggalkan saya dan meninggalkan saya dengan tiga anak-anak kita. Aku merasa seperti hidup saya sudah hampir berakhir, dan berantakan. Berkat kastor mantra yang disebut papa Justus yang saya bertemu online. Pada suatu hari yang setia, saat aku browsing melalui internet, saya sedang mencari mantra kastor yang baik yang dapat memecahkan masalah saya. Aku datang di serangkaian kesaksian tentang mantra ini kastor tertentu. Beberapa orang bersaksi bahwa ia membawa kekasih Ex mereka kembali, beberapa bersaksi bahwa ia mengembalikan rahim, beberapa bersaksi bahwa ia dapat melemparkan mantra untuk menghentikan perceraian dan sebagainya. Ada satu kesaksian khusus saya melihat, itu adalah tentang seorang wanita yang disebut rahmat, ia bersaksi tentang bagaimana papa Justus membawa kembali kekasihnya Ex-nya dalam waktu kurang dari 72 jam dan pada akhir kesaksiannya ia menjatuhkan papa Justus alamat e-mail. Setelah membaca semua ini, saya memutuskan untuk memberikan papa mencoba. Saya menghubungi dia melalui email dan menjelaskan masalah saya kepadanya. Hanya dalam 3 hari, suami saya datang kembali ke saya. Kami memecahkan masalah kami, dan kami lebih bahagia dari sebelumnya. papa Justus benar-benar seorang pria berbakat dan berbakat dan saya tidak akan berhenti menerbitkan karena dia adalah pria yang luar biasa ... Jika Anda memiliki masalah dan Anda mencari kastor mantra nyata dan asli untuk mengatasi masalah tersebut untuk Anda. Mencoba papa besar Justus hari ini, ia mungkin menjadi jawaban untuk masalah Anda. Berikut kontaknya: drabeljustus@gmail.com Terima kasih besar Justus. Hubungi dia untuk hal berikut:

(1) Jika Anda ingin kembali mantan Anda.
(2) jika Anda selalu memiliki mimpi buruk.
(3) Anda ingin dipromosikan di kantor Anda.
(4) Anda ingin perempuan / laki-laki berjalan setelah Anda.
(5) Jika Anda ingin anak-anak.
(6) [Anda ingin menjadi kaya.
(7) Anda ingin mengikat suami / istri menjadi milik Anda selamanya.
(8) Jika Anda memerlukan bantuan keuangan.
(9) perawatan Herbal
10) Membantu membawa orang keluar dari penjara
(11) Mantera Pernikahan
(12) Mantera Keajaiban
(13) Mantera Kecantikan
(14) NUBUAT CHARM
(15) Mantera objek
(16) Mantera Evil Eye
(17) Kissing Eja
(18) Hapus Mantra Sickness
(19) mantra PEMILU WINNING
(20) SUKSES UJIAN mantra
(21) Charm untuk mendapatkan yang mencintai Anda.
(22) mantra Bisnis.
Hubungi dia hari ini:
drabeljustus@gmail.com,
+2347033354868.
Anda juga dapat HUBUNGI HIM ON WhatsApp di nomor tersebut.

abell said...

dasar pengarang behad,, smua yg lu tulis kbalikan fakta tentang islam,, teroria yg sbenarnya kristen amerika, di eropa org masuk islam harus dimusnahkan,, alkitab kalian sangat porno gk beda sma stensil,, yesus yg klian sbut bkn nabi isa tpi tumbal dri org yahudi, kristen agama yg gengsi ntk mengakui kbenaran islam

melissa said...
This comment has been removed by the author.
roland said...

AM ROLAND DARI CANADA ... AKU INGIN BERBAGI PENGALAMAN MY LIFE TO SETIAP BODY DI SITUS INI. AKU DI HUBUNGAN SERIUS DENGAN ROSEMARY, I LOVE HER SO MUCH DAN KAMI TANGGAL UNTUK HAMPIR 4years SEKARANG. SAMPAI SHE DIMAKSUDKAN LAIN MAN DISEBUT ALBERT VALARIE.SHE memberitahuku BAHWA DIA TIDAK LAGI TERTARIK BERKENCAN ME SETIAP more.I WAS SO BINGUNG SAYA TIDAK TAHU APA YANG HARUS DILAKUKAN ... SO saya MEMBERITAHU MY FRIEND TENTANG APA MY LOVE HANYA MEMBERITAHU aKU DAN DIA memberitahuku BAHWA DIA BISA MEMECAHKAN MASALAH sAYA sAYA mERAGUKAN HIM CARA YANG BISA mUNGKIN. SO DIA PETUNJUK ME TO A CASTER SPELL DISEBUT (DR ACOGBE VICTOR) ... SO saya menghubungi HIM DAN AKU MENJELASKAN SETIAP HAL KEPADANYA DAN DIA memberitahuku BAHWA MASALAH SAYA AKAN MEMECAHKAN DALAM 48hours JIKA SAYA PERCAYA aku SAID HE OKAY..SO CAST A sPELL FOR ME DAN SESUDAH 48hours MY LOVE CAME BACK TO ME memohon saya ON HER lUTUT DI TANAH mEMINTA ME MEMAAFKAN DIA .... AM SO SELAMAT SEKARANG. SEHINGGA MENGAPA saya MEMUTUSKAN UNTUK BERBAGI PENGALAMAN SAYA DENGAN SETIAP BODY YANG MEMILIKI MASALAH TERSEBUT ANDA BISA HUBUNGI EMAIL HIS VIA. acogbe@gmail.com
1) Jika Anda ingin kembali mantan Anda.
(2) jika Anda selalu memiliki mimpi buruk.
(3) Anda ingin dipromosikan di kantor Anda.
(4) Anda ingin perempuan / laki-laki berjalan setelah Anda.
(5) Jika Anda ingin anak-anak.
(6) [Anda ingin menjadi kaya.
(7) Anda ingin mengikat suami / istri menjadi milik Anda selamanya.
(8) Jika Anda memerlukan bantuan keuangan.
(9) perawatan Herbal
10) Membantu membawa orang keluar dari penjara
(11) Mantera Pernikahan
(12) Mantera Keajaiban
(13) Mantera Kecantikan
(14) NUBUAT CHARM
(15) Mantera objek
(16) Mantera Evil Eye
(17) Kissing Eja
(18) Hapus Mantra Sickness
(19) mantra PEMILU WINNING
(20) SUKSES UJIAN mantra
(21) Charm untuk mendapatkan yang mencintai Anda.
(22) mantra Bisnis.
Hubungi dia hari ini pada: a ACOGBE@GMAIL.COM

Daru Raifan said...
This comment has been removed by the author.
Anonymous said...

Cerita itu........
cuma cerita boongan yang biasa dilakukan orang-orang kristen.
percaya deh.....

Anonymous said...

Cerita itu........
cuma cerita boongan yang biasa dilakukan orang-orang kristen.
percaya deh.....

Anonymous said...

Cerita itu........
cuma cerita boongan yang biasa dilakukan orang-orang kristen.
percaya deh.....

Anonymous said...

123
SAYA SEBAGAI RAKYAT KECIL YANG TIDAK MEMILIKI APAPUN YANG BISA SAYA BANGGAKAN DI DUNIA INI, SAYA SEBAGAI RAKYAT KECIL MENYERUHKAN DAN MEMOHON KEPADA ANAK-ANAK TUHAN YESUS PENGIKUT KRISTUS UNTUK BERPUASA DAN BERDOA DENGAN SUNGGUH DAN DENGAN HATI YANG PALING DALAM UNTUK MENGIKAT, MENGHANCURKAN, MENGUSIR SERTA MELAWAN SEGALA ROH-ROH IBLIS, ROH-ROH JAHAT YANG MENYERANG NEGARA KESATUAN Republik Indonesia. SUPAYA NEGARA KESATUAN Republik Indonesia DI LEPASKAN, DIBEBASKAN DARI BUNGKUSAN DIBAWAH SELIMUT KEGELAPAN SEHINGGA TIDAK MENUTUPI LAGI SELURUH AREA DAN ROH – ROH IBLIS DAN ROH – ROH JAHAT DI HANCURKAN DARI SEGALA MEMPENGARUHI SELURUH AKTIVITAS. DAN TIDAK LAGI BEROPERASI DIBAWAH SELIMUT NAMUN BEROPERASI DIBAWAH KENDALI KERAJAAN TUHAN YESUS TERBUKA UNTUK BANGSA DAN NEGARA KESATUAN Republik Indonesia.
HADIRAT TUHAN YESUS ADALAH SEPERTI PILAR YANG MENYANGGA HIDUP MANUSIA DAN ADA BANYAK KUASA TUHAN YESUS DIDALAM PILAR-Nya SELAMA ANAK-ANAK TUHAN YESUS DAN PENGIKUT KRISTUS MENETAP DIDALAM PILAR-Nya SEMUA IKATAN IBLIS MENJADI LEMAH DAN LENYAP.
SAYA SEBAGAI RAKYAT KECIL MENGHIMBAU DAN MEMOHON KEPADA PENDETA-PENDETA, TOLONG AJARKAN ORANG-ORANG UNTUK BERDOA ” ORANG YANG TIDAK BERDOA. DAPAT DIKUASAI OLEH APAPUN, DAN SEMUA HAL ITU DIKUASAI OLEH IBLIS DAN ADA BANYAK CARA YANG MEMBUAT IBLIS MENGUASAI HIDUP MEREKA DAN DOA MEREKA, IBLIS TAU BAGAIMANA MENGUASAI DOA SESEORANG, JIKA ORANG TESEBUT TIDAK TAU BAGAIMANA UNTUK BERDOA” AJARLAH MEREKA UNTUK MENGGUNAKAN PERLENGKAPAN SENJATA ROH ALLAH YANG TELAH ALLAH SEDIAKAN DAN KHOTBAHKAN TENTANG NERAKA, DAN PENGANGKATAN, AKHIR ZAMAN.

Odenore Siew said...




I am Mrs. Rhoda from New York. i want to use this medium to congratulate DR.ODENORE for the great help of spell he has render to my relationship outbreak. since past 6 years i was in a relationship problem with my ex, he always get me beating, i never knew he has another girl outside the town, her name is Michel, until i get his email address from the internet, so i email him and i laid all my complain to him, he promise me that i am to keep off away from him, and i really agreed on it, but on a condition that my lost
ex will be back,,,, he really but some few items he uses to consulting his
great oracle, his plan for my relationship was fulfill and my lost ex was
back again within 48hrs... He can also cast so many other spell please if you are in such mess today please contact him at odenorespell1999@gmail.com

Odenore Siew said...



Sejak pernikahan saya dibatalkan dengan bantuan mantra mantra lagi Medis keajaiban sejati. Saya Mrs. Margaret Durr, 38yrs tua, aku putus dengan suami saya yang mengisi semacam perceraian, enam bulan mereka karena kami memiliki masalah yang sangat besar yang berada di luar kendali kami, kami menemukan bahwa mereka telah mencapai berselingkuh dengan wanita lain, sehingga ia tinggal jauh dari saya karena saya bertanya kepadanya, saya mengucapkan selamat tinggal, setelah banyak meminta pengampunan dan menolak untuk kembali padaku. Saya mencoba segalanya baginya untuk percaya bahwa aku masih mencintainya, tapi dia bilang itu di antara kami. Jadi dengan teman baik saya, menyarankan, apa yang saya katakan harus dilakukan, mereka mengatakan kepada saya bahwa satu-satunya cara saya dapat adalah untuk membawa kembali satu ?? Dokter kunjungan perapal mantra sihir New Africain bernama Jadi saya selalu mendengar, tetapi tidak pernah berpikir. Sebenarnya, aku punya pitcher yang sama yang meyakinkan saya bahwa kembali setelah seminggu rilis saya mengunjungi suami saya mantra. dan dia bilang dia berpikir bahwa semuanya akan baik-baik saja, terutama ketika mereka menyelesaikan pekerjaan mereka, saya membantu dengan yang pertama.
Dan itulah bagaimana Anda mengejanya cast, dan satu minggu kemudian, saya sebagai mantan suamiku untuk melihat, tidak terkejut bahwa aku melihat di samping rumah ayah saya di setengah tahun yang lalu, dan meminta maaf. Dan keduanya sekarang hidup bahagia kembali ke hubungan kita lebih kuat dari sebelumnya. Berkat dokter besar Dr. Odenore mantra seorang pria waktu kita untuk membantu mantan suamiku untuk membawa kembali mundur Email Anda: 21 yrs Perhatian odenorespell1999@gmail.com di atas adalah orang-orang yang membantu memecahkan berbagai jenis masalah jika masalah perkawinan berhenti perceraian, mantra kecantikan, mantra cinta, uang mantra, promosi / mantra perlindungan, mantra kerja, dll Vista berbeda, pria ini jadi amazing..for panggilan +2347037102415 atau manfaat lainnya











NRL said...

Bagimu agamamu dan bagiku agamaku... mau pindah ya terserah sih sebenernya.. tp alangkah lebih baik bapak mempelajari nahwu sorof... biar menafsirkan nggak terlalu amburadul juga

Anonymous said...

Kenapa mesti marah kita umat islam.di situ jelas koq ALLAH SWT menunjukan tanda2nya utk org yg berfikir dan beriman.masalah kekerasan itu bukan dr agamanya tp dr personalitynya masing2.islam selalu mengajarkan kelemah lembutan koq.sentimentalis barat yg membenci islam yg berusaha merusak citra islam,mafia di dunia kejahatan itu bukan org islam,penjahan dan pembunuh terkejam jg bukan islam tp mereka ga pernah membesar2kan,tp kalo ada hal ke brutalan sedikit aja yg di lajukan org islam pasti di berita di sebutkan ISLAM/MUSLIM.

Anonymous said...

Ucapan sodara menunjukan ke cetekan dan kebodohan sodara kasihan deh semoga sodara atau keturunan sodara kelak bisa mendapat hidayah ALLAH SWT.amiin

liasaputry said...

Wahai saudaraku seiman( muslim)
janganlah kalian terpancing emosi dalam menyikapi semua perkataannya, asal kalian tau taktik, strategi itu udah basi ank tk z Tau. Itu semua akal akalan murtadin saja agar ada tandingan bahwa orang islam juga ada yang masuk kristen.
Gak apa apa 1orang islam saja pindah kekarosetan.
Coba kalian banding berapa ribu orang karosetan yg masuk islam.

dwy santo said...

emank kalo masuk kristen di bayar ya?

dwy santo said...

beberapa hari lalu saya kesulitan membayar hutang, saya terlibat hutang dan disitu saya diharuskan melunasi hutang dalam waktu 1minggu jika tidak maka saya akan di penjara atas tuduhan penggelapan barang, saya sangatlah binggung dan tak bisa menggunakan akal sehat saya lagi. lalu ada seseorang yang bersedia membantu problema saya ia berjanji akan melunasi hutang saya dengan syarat saya harus masuk kristen.... namun hinnga saat ini saya belum menjawab tawaranya karna saya sanggatlah binggung ragu takut saya benar'' dilema.... adakah solusi untuk saya teman teman?

Anonymous said...

Hanya orang bodoh goblok bin tolol yang bisa terpesona dengan kisah spt ini.

Tri Cahyo Nugroho said...

astaghfirullah hal 'azim. wallahua'llam.
:)

Admin said...

Lakum dinukum Waliyadiin

tahukan.com/orang-hebat

diman gunawan said...

hai umat Tuhan engkau telah melakukan hal yang benar untuk bertobat sekarang namamu telah ditulis di kitab kehidupan

Ismarmiaty Azis said...

Wah...

Na'udzubillahi min dzalik...

Jelas bapak bimbang berawal dari kebingungan kepercayaan bapak terhadap bapak Panji G., NII, dan sistem shodaqoh yang bapak mati-matian usahai percaya?

Carilah ilmu sesuai Al-Qur'an dan sunnah. Sebaik-baik umat adalah Umat Rasulullah, sahabat dan tabi'in dan tabi'ut tabi'in. Jangan moncer sendiri mengartikan Al-Qur'an berdasarkan pemahaman sendiri. Ilmu Allah terlalu luas. Anda bilang, "kebimbangan yang disimpan sendiri" hingga anda mencari sendiri tanpa ada diskusi.

Semoga Allah kembalikan apa yang anda buat hilang.

Anonymous said...

Untuk penulis buku di atas. Pernahkah anda berfikir kenapa ayat ayat alkitab saling bertentangan dan berselisih.


Anonymous said...

Hai umat tuhan bisakah engkau jelaskan kenapa ayat ayat di alkitab pada berselisih dan berbeda2

Anonymous said...

Abi Abraham, sy saat ini sedang memiliki hubungan dgn non muslim, krna itu sy smakin dekat dan rajin membaca Al Qur'an. Sy ingin bertanya, apakah anda mengerti dgn kata-kata Maryam, "Hampir runtuh langit dan bumi karna mereka menganggap Tuhan memiliki anak?"
Apakah anda benar2 percaya bahwa Tuhan memiliki anak? Terus Alkitab yg aslinya itu skrng dimana sih? knp eh nggak ada lagi orang nasrani yg baca kitab aslinya? Katanya percaya Tuhannya Yesus Kristus,masa kitabnya g diterima apa adanya? knp mesti diubah2? jadi Tuhan perlu editor?

Anonymous said...

Untuk bapak abraham, carilah aliran kristen yang benar, sia2 anda menjadi kristen tetapi kristennya blom benar

Geovanni said...

Bapak Ibrahim, memang benar jadi orang kristen itu ada harga yang harus dibayar. Kakek dan nenekku
dan bahkan seluruh keluarga bapakku semuanya islam, tapi dengan cara yang ajaib dan tidak dimengerti
bapakku menjadi kristen.
Keluarga kami dikucilkan sampai-sampai saya hampir tidak kenal keluarga bapak saya yang lain.
Tapi Tuhan memberkati bapak saya sehingga bapak saya bisa menolong dan menjadi saluran berkat
bagi keluarga bapakku yang lain, sehingga akhirnya merekapun mau mengakui ayah saya.

Ketika ayahku meninggal, ada tokoh muslim yang bilang, "Kalau saya mati, saya ingin meninggal
seperti bapak Y****". Ayah saya meninggal dengan tenang,sepertinya dia tahu bahwa ia akan meninggal,
sebelum meninggal sempat minta maaf kepada tetangga-tetangga dan nenek saya sampai mereka bingung,
bahkan sebelum meninggal, ayah kami sempat mengajak kami anak-anaknya untuk makan malam
dan berdoa bersama sebagai jamuan perpisahan.
Ketika meninggalpun tidak seorangpun yang menyangka, karena ayah saya tidak sakit, sampai dokter
yang checkup kesehatan ayah saya 3 hari sebelum meninggal kaget,karena hasil check upnya
menunjukkan kesehatan ayah saya sangat prima waktu itu.
Kakek saya, walau sampai wafat ia tetap islam, tapi sangat menghormati orang kristen, tanpa orang kristen,
Indonesia sulit untuk merdeka, yang ciptain lagu Indonesia raya itu orang kristen, banyak orang kristen
berjuang untuk kemerdekaan walaupun tidak selalu di medan perang, tetapi secara damai
di meja-meja perundingan atau pendidikan (Sam Ratulangi, Johannes Laimena, Maria Walanda Maramis, dll.)
Orang kristen itu orang-orang pilihan Tuhan sendiri, melalui roh kudus, Tinggal kebebasan pilihan kita sendiri
mau terima atau tidak panggilan roh kudus, jadi tidak ada paksaan untuk menjadi kristen, bahkan
Yesus sendiri tidak pernah mendirikan agama kristen, Kristen itu sebenarnya sebutan untuk orang-orang
yang mengikuti Yesus, walaupun banyak aliran agama di kristen, itu tidak penting, selama mereka mengikuti
teladan Yesus, mereka disebut "orang Kristen".

Donny Tms said...

Pahala.. hahaha

yg benar itu anugerah.kebaikan.kemurahan

sungguh Tuhan Yesus baik,,sangat baik ,teramat baik. Harga yg mahal seharusny..tapi keselamatan hany di beri dengan cuma2.

Michael Tangkowit said...

YESUS JURU SLAMAT...JALAN KEBENARAN DAN HIDUP..AMIN

Michael Tangkowit said...

YESUS JURU SLAMAT...JALAN KEBENARAN DAN HIDUP..AMIN

shallom alaihim said...

DI SAAT MASIH HIDUP DI DUNIA, MANUSIA SANGAT MENDAMBAKAN HIDUP DALAM DAMAI SEJAHTERA YANG BERASAL DARI SURGAWI...DAN DI SAAT AKHIR HIDUPNYA MANUSIA SANGAT MENGINGINKAN KEHIDUPAN KEKAL DI SURGA... UNTUK ITU BAGAIMANAKAH CARANYA AGAR MENDAPATKANNYA...?

HANYA ADA SATU JALAN KELUAR YANG PASTI.... YAITU MENGATAKAN DENGAN MULUTMU DAN MENGAKUI DALAM HATIMU BAHWA YESUS KRISTUS ADALAH TUHAN DAN JURU SELAMATMU DEMI KEMULIAAN BAPA SURGAWI....

DIA TELAH TERLEBIH DAHULU MEMBUKTIKAN KASIHNYA KEPADA SIAPAPUN YANG PERCAYA KEPADANYA DENGAN JALAN MENGORBANKAN DIRINYA SENDIRI UNTUK MATI DI ATAS SALIB DAN BANGKIT PADA HARI KETIGA, HANYA DEMI UNTUK MENANGGUNG DOSA UMAT MANUSIA DAN MENJADI PENDAMAIAN DAN PENGAMPUNAN DOSA MANUSIA MELALUI DARAHNYA YANG SUCI TANPA NODA………………

BUKTIKAN SENDIRI AKAN KASIH YESUS KRISTUS KEPADAMU, DAN JANGAN HANYA MENDENGAR KATA ORANG LAIN… DENGAN DEMIKIANLAH KAMU AKAN MENDAPATKAN PENGETAHUAN BERDASARKAN PENGALAMAN DAN MERASAKANNYA SENDIRI DAN BUKAN PENGETAHUAN DARI PINJAMAN ATAU KATA ORANG LAIN…..

RASAKAN DAN NIKMATILAH DAMAI SEJAHTERA DAN KESELAMATAN YANG KEKAL YANG MENGALIR DI DALAM HATIMU DAN DI DALAM SANUBARIMU YANG DI BERIKAN OLEH YESUS KRISTUS TUHAN KEPADAMU....

PERCAYA MONGGO… TIDAK PERCAYA MONGGO… DIA TIDAK MEMAKSAKAN.....

DIA TELAH MENGETUK PINTU HATIMU UNTUK MENAWARKAN DAMAI SEJAHTERA DAN KESELAMATAN YANG KEKAL, TERSERAH KEPADAMU APAKAH AKAN MEMBUKAKAN PINTU HATIMU ATAU TIDAK....

DIA TELAH MENYEDIAKAN DAMAI SEJAHTERA DAN KESELAMATAN YANG KEKAL, TERSERAH KEPADAMU APAKAH AKAN MENCARINYA ATAU TIDAK....

DIA TELAH MENJANJIKAN AKAN MEMBERIKAN DAMAI SEJAHTERA DAN KESELAMATAN KEKAL, TERSERAH KEPADAMU APAKAH AKAN MENERIMANYA ATAU TIDAK.......

SEMUA TERPULANG KEPADAMU SENDIRI APAKAH ENGKAU MENGINGINKAN DAMAI SEJAHTERA SURGAWI DAN KESELAMATAN YANG KEKAL ATAU TIDAK... INGAT...DIA TELAH MEMBUKTIKAN TERLEBIH DAHULU KASIHNYA KEPADA SIAPAPUN YANG PERCAYA KEPADANYA........

TERPUJILAH TUHAN YESUS KRISTUS DEMI KEMULIAAN BAPA SURGAWI...AMIN.

disna said...

Bapak" atau pun siapa disini ada yang bisa membantu saya untuk meyakinkan saya ? saya anak kls 2 SMK 1 bulan lagi 17 tahun, saya kacau tentang agama, agama saya islam dlu saya rajin sholat, jumatan, tp tiba-tiba saya jadi kacau saya gk pernah sholat saya gk pernah jumatan, tetapi saya tetap berpuasa dan ikut sholat idul fitri, nah kemarin saya rajin ikut teman ke gereja selama 3 minggu dan memang beda rasanya tetapi sekarang tidak lagi, dan ketika saya menceritakan itu ke orangtua saya orang tua saya melarang saya uuntuk pindah agama, ada yg bisa membantu saya ? saya buntu butuh pertolongan

Anonymous said...

Mau dibantu apa disna?

Anonymous said...

Tuhan Maha Tahu siapa yang diberi petunjuk dan siapa yang dihilangkan imannya... Pada akhirnya kita kembali ke takdir-Nya...
Makanya jauhkan rasa dendam yang membuat iman kita bisa hilang...
Jauhkan cinta dunia yang memunculkan rasa dendam...

Anonymous said...

Coba baca juga link ini.., mirip....
http://hoax-kristen.blogspot.com/2014/04/pengakuan-dusta-muhammad-ali-makrus.html?m=1

Lorenta Sinaga said...

Jangan pernh menghakimi iman seseorng krn kmupun blm tau apakah kmu masuk surga.
Setiap org berhak atas imanny krn itu dipertanggungjawabkn pribadi masing masing di hadapn Tuhan.
Kalaw kmu memang pemeluk agama yg saleh,tunjuknlh sifatmu dan gaya hidupmu.Tuhan tdk pernah bs kmu perdebatkan krn Tuhan tdk bs kmu pahami dng akl pikiranmu
Berbuat kasih walaupun ada perbedaan krn Tuhan itu tdk suka kita saling menyakiti.

Anonymous said...

Saya merasa kasihan kepada umat muslim yang masih mendoakan org yg sudah mati, tidak ada apa-apanya lagi, mendoakan muhammad terus siang dan malam. Sungguh kasihan..

Anonymous said...

Sudah jelas doanya tiap hari minta jalan yg Lurus, dan di jawab Qs43:61. Tapi msh saja meragukan nya ckckc padahal kalian sudah bilang al-quran itu bnr dll. Apa mungkin kalian takut ga mendapatkan bidadari" di surga nanti?

Anonymous said...

Ya mmg lah, islam kan membuat kehancuran, dimana" negara konflik pasti itu negara islam. Islam = teroris, musuh negara, Membunuh mencuri, memperkosa. Bahkan nabinya nikahi anak kecil Wkwkwkwk idiot muhammad. Lahir dari hubungan badan merasa suci. Muhammad = manusia, tidak ada kuasa sama sekali, kiamat aja gatau. Dukung sekali kalau islam di kucilkan, membuat resah. Ada iblis di dalam islam.

Anonymous said...

Saya sebagai umat manusia hanya bisa berkata. Tuhan hanya ada satu di dunia ini. Cobalah jangan berfikir dengan sudut pandang agama. Berfikirlah dengan sudut pandang hati anda sendiri. Keyakinan sendiri. Meskipun ada banyak beberapa agama di dunia ini. Tetaplah ada satu tuhan di dunia ini. Meski disebut dengan nama yang berbeda2. Pilihlah apa yang membuat hati anda tenang oke?

Jove Wungow said...

Syalom dan sejahtera dalam kasih Tuhan Yesus buat pak Abraham (Saifuddin Ibrahim).

Kesaksian bapak pasti ditanggapi sorakan dan nyanyian para malaekat sorga, karna seperti tertera dalam Lukas 15:10, Tuhan Yesus berkata "Akan ada sukacita pada malaikat-malaikat Allah karena satu orang berdosa yang bertobat".

Saya ikut bersukacita bersama para malaikat setelah baca kesaksian bapak dalam blog ini; juga, karena pak Abraham sebenarnya pada dasarnya 'bertobat' dalam arti menjadi pemercaya-Kristus. Disini ditekankan konotasi pada iman-Kristus bukan pada segi agama-Kristen. Istilah menjadi pemercaya-Kristus itu tak sama konotasinya dengan beragama-Kristen. Sekalipun secara biblikal, misalnya disebutkan dalam KisahParaRasul 11:26 orang-orang yang menjadi pemercaya-Kristus disebutkan sebagai "Orang Kristen" (christians). Namun, tidak semua orang yang menyebutkan diri beragama Kristen itu adalah pemercaya-Kristus.

Jika seseorang itu sadar dan percaya dirinya itu pemercaya-Kristus dan tahu-dirinya bahwa jika ia mati, nyawanya pasti diselamatkan Kristus ke sorga, sebagaimana dikatakan dalam 1 Tesalonika 4:14"Mereka yang meninggal dalam Yesus akan dikumpulkan Allah bersama-sama dengan Dia"; maka orang sedemikian disebutkan sebagai Kristen. Untuk orang yang mengaku dirinya beragama Kristen, harus dapat ditest apakah dia itu sungguh-sungguh adalah pemercaya-Kristus; ataukah dia sendiri itu tidak tahu apa makna dirinya jika percaya-Kristus.

Secara biblikal, iman dari orang pemercaya-Kristus harus dapat diuji dan teruji, sebagaimana dikatakan Rasul Paulus dalam 2Korintus 13:5, Ujilah dirimu sendiri, apakah kamu tetap tegak di dalam iman. Selidikilah dirimu! Apakah kamu tidak yakin akan dirimu bahwa Kristus Yesus ada di dalam diri kamu? Jika seseorang Kristen tak dapat menguji imannya, atau dia sendiri tak-tahu dan tak-sadar bahwa Kristus Yesus itu ada dalam dirinya, maka sebenarnya dia itu bukan pemercaya-Kristus. Disini letak bedanya antara 'pengiman-Kristus' dan 'beragama-Kristen'.

Menjadi pengiman-Kristen adalah melewati gumulan batin, terbentang pada keputusan mau-percaya atau menolak-Kristus. Salut buat pak Abraham, isi blog ini buktikan evidensi biblikal bahwa menjadi pengiman-Kristus melewati stress, agony, dan nyali kuat untuk pada akhirnya sandarkan iman pada Kristus sekalipun menghadapi badai dan risiko besar.

Dan satu hal yang menarik, saat menjadi pengiman-Kristus adalah saat terindah dan sangat bersukacita, yakni sukacita oleh Roh Kristus, sehingga setiap pengiman-Kristus boleh ucapkan seperti kata-kata Rasul Paulus, "Namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku. Dan hidupku yang kuhidupi sekarang didalam daging adalah hidup oleh iman dalam Anak-Allah yang telah mengasihi aku dan menyerahkan diriNya untuk aku" (Galatia 2:20).

Salam hangat dan doa dari saya,
JA Wungow
Corinth, TX

Dk Vin said...

Terimaksih atas kesaksiannya,
Menjadi kristen yang berkualitas, harus Tahan uji.. salam halleluyah

Nafidatul Mufidah said...
This comment has been removed by the author.
Nafidatul Mufidah said...

Pak. Maaf ya pak. Islam adalah agama yg benar pak. Di Al-Qur'an sudah dijelaskan tentang kehidupan. Islam bukan agama yg menghukum, tapi agama yg mendidik. Bayangkan pak. Apakah tuhan bapak bisa menciptakan seluruh isi dan alam ini? Pastilah tidak bisa pak. Karena tuhan bapak itu sama sama manusia. Manusia itu tidaklah sempurna. Iman bapak gampang goyah dan nggak kuat. Segeralah bertaubat, sebelum ajal menjemputmu. Allah Maha Pengampun. Semoga Allah SWT memberikan hidayah pada bapak. Aamiin

Jove Wungow said...

Anda katakan "Islam adalah agama yg benar", apakah pernyataan anda itu berdasarkan ajaran dari ulama Islam anda, ataukah dari kajian anda atas esensi ajaran Islam?

Baiknya, anda tanya sendiri apa dalam agama Islam itu ada KEBENARAN? Tentu, lebih mudah menjawabnya adalah dengan bertanya: Apa memang Islam itu percaya akan adanya ISA ALMASIH?

Apakah anda tahu bahwa ISA itu ALMASIH? Apakah anda yakin akan arti dari nama ISA ALMASIH itu terdiri dari tiga-inti-kata, pertama ISA (atau dalam Greek "Iehsou", atau 'Jesus' (Inggris), atau Yesus (Indonesia); dan kata AL yang artinya ‘Allah’ atau ‘Elohim’, serta kata ‘MASIH’ (Inggris: Messiah) artinya ‘Penyelamat’)?

Kalau anda percaya pada ISA ALMASIH, yang berarti ALLAH PENYELAMAT, maka mungkin disini kuncinya bahwa apa yang anda katakan itu benar yakni Islam itu percaya ISA ALMASIH yakni ALLAH PENYELAMAT.

Dalam Alkitab ISA ALMASIH (Tuhan Yesus) katakan dalam Kitab Wahyu 1:18, "Aku memegang Kunci Maut dan Kerajaan Maut” itu sebenarnya memberi indikasi tentang esensi dari nama-NYA sendiri, yakni ALLAH PENYELAMAT. ISA ALMASIH itu memiliki hak-hak ILAHI dengan fungsi ILAHI, "Aku memegang Kunci Maut dan Kerajaan Maut”

Demikian sesuai kata ISA ALMASIH (Tuhan Yesus) sendiri dalam Injil Yohanes 14:6,perlulah anda uji proposisi ini: ISA ALMASIH itu adalah KEBENARAN. Sehingga dapat dikata "Tiada Tuhan selain ISA ALMASIH yang punya kuasa ILAHI katakan pada anda:
AKU-lah JALAN yang menuntun umat ke sorga,
AKU-lah KEBENARAN yang melayakkan umat masuk sorga, dan
AKU-lah KEHIDUPAN yang menyelamatkan umat dari kematian kekal di neraka.

Salam dan doa,
JA Wungow
Corinth, TX

Anonymous said...

Wah, ini orang jago banget ya buat novel, hahaha.. Tetap aja dari cara menulisnya ketahuan tipu-tipu. Hahaha.. Cari kerjaan yang Halal bos..Lol,

Jove Wungow said...

Rasanya anda itu 'biased to your own god, i.e., yourself', karna cuma 'your own god can judge others by blaming with cynic smiling, as you said "dari cara menulisnya ketahuan tipu-tipu. Hahaha". Dari statement anda ini, anda sendiri telah tunjukan anda itu tak punya damai di hati.

Buktikan apa benar tulisan saya itu tipu-tipu. Seenaknya anda bilang orang lain tu tipu-tipu tanpa argumentasi?. Apakah dengan ceplas-ceplos bilang tipu-tipu itu punya bukti?

Jika tidak, Tuhan Yesus akan buktikan sendiri pada anda bahwa Dia itu ISA ALMASIH pemegang Kunci Maut dan Kerajaan Maut...At this moment, Believe it, or not!...Wasalam.

mohd nasri julaihi said...

Salam sejahtera ya..saya rasa saya bertanggungjwb untuk menyampaikan sebagai seorang islam, saya x menyebut mana2 kitab..kitab injil ataupun al-quran tp fikiran logic kta sebagai seorang manusia brfikiran..bpk kata KESELAMATAN ITU ANUGERAH BUKAN HASIL JERIH PAYAH KITA UNTUK MENYUAP TUHAN DG PERBUATAN KITA ATO AMAL KITA UNTUK MENDAPATKAN KESELAMATAN ..saya perbetulkan ya bpk, bkan mendapatkan keselamatan ..tetapi mendapat syurga iaitu tempat terakhir kta..jika kta tidak mempunyai amalan menggikut ajaran yang diberikan oleh tuhan adakah tuhan memberikan kta syurga..yang kedua bapak katakan DOSA ITU HARUS DI HAPUS BUKAN DI TIMBANG,,kalau tuhan ajarkn begitu lebih baik saya selalu berbuat dosa ..tuhan dah hapuskan dosa saya senang betul mahu senang ... bpak percaya ad syurga dan neraka? kalau perbuatan saya x ditimbang ..mcm mana tuhan mahu bezakn saya baik dan jahat? Kalau jesus disalib untuk hapuskan dosa kalian..jd kalau saya seorang kristian sya telah merogol isteri kamu tp jesus dh hapus dosa saya..adil kah bagi kamu..maaf kalau terkasar ..sbb itu adalah kebnaran... saya banyak kawan dr kristian mereka sangat baik dengan saya .mereka bnyak dedahkan sya dgn agama kristian keajaiban mereka ceritakn , kelebihan mereka ceritakn sedikit pun saya tidak Megoyahkan iman saya sebagai seorang islam malah mengkuatkan sya disisi islam..allah telah membirikan al-quran ..dalam al-quran menceritakan sebelum datang nya nabi adam dan selepas kiamat..sebab itu saya memilh islam..x sama serperti agama lain yg saya pelajari kitab nya yg tidak jelas.saya meminta maaf saya manusia xlepas dr melakukan kesilapan .kepada waraga agama islam jika bapa x punya pengetahuan tentang islam jangan lah comment dengan bahasa yg kesat kerana agama lain akan berfikir adakan islam mengajar ajaran serpeti itu..islam tidak mengajar kami berbuat begitu..jika dr kami brbahsa srperti itu maka kami akan berdosa..allahualam..asalamualaikuam..

mohd nasri julaihi said...

Sebernaya adlah allahuya...

mohd nasri julaihi said...

Sebernaya adlah allahuya...

Jove Wungow said...

Anda tuduhi dan persalahkan statement (ini...bukan dari saya):"DOSA ITU HARUS DI HAPUS BUKAN DI TIMBANG" dari argumentasi ke-Islam-an anda. Untuk itu, saya jawab sbb:

1. Statement anda "DOSA ITU HARUS DI HAPUS BUKAN DI TIMBANG" itu bukan statement Kristiani, juga bukan statement Alkitabiah, apalagi itu bukan karya saya; mohon anda tak ceplos-ceplos tuduh-menuduhi saya atau Kristen atau Alkitab sebagai author-nya. Karena itu, tak perlu saya membantahnya, anda sendiri harus uji-lagi isi idenya karena paham itu bukan doktrin-Kristen.

2. Anda sendiri perlu kaji ulang jika doktrin anda, apa benar bahwa untuk membenarkan diri anda di mata pegadilan Tuhan itu dosa anda harus ditimbang dan bukan sekedar dihapus. Apakah timbangan dosa itu harus ditakar melalui logika manusia atau logika Tuhan? Istilah timbangan itu sangat terkait dengan hasilnya atau kadarnya.Jika anda berkata anda-itu kurang berbuat dosa, dan banyak berbuat baik, apakah Tuhan anda akan setuju dengan penilaian akhir anda tersebut?

3. Tuhan Yesus itu mati di salib membuktikan bahwa Nubuatan Nabi (e.g. Yesaya) benar; bukan sekedar membuktikan Dia itu "The Word became flesh" (Yohanes 1:14), tetapi dia itulah ISA ALMASIH (Allah Penyelamat), karena melalui salib dan kematianNya, Ia buktikan diriNYA benar sebagai ISA ALMASIH yang bangkit dari Kematian. Karena itu beralasan jika Dia katakan; Akulah pemegang Kunci Maut dan Kerajaan Maut.

4. Dalam Alkitab tidak ada ayat satupun katakan bahwa Kristus adalah Tuhan yang seenak-enaknya membenarkan para pelaku dosa, seperti apa yang anda bayangkan dengan katakan, "..adil kah bagi kamu." Tidak ada contoh dalam Alkitab seperti yang anda contohi; jelas peng-andai-an anda itu tak berelasi dengan fungsi, perilaku, dan moral Kristus.

5. Argumentasi itu mungkin dibuat-buat oleh anda sendiri atau para ulama anda. Tapi jelas, argumentasi anda itu menyimpang, tak cocok, dan tak jitu. Karena dalam Roma 12:1-2, isi amanat Rasul Paulus bagi setiap pengIMAN Kristus, antara lain dikatakan: "Aku menasihatkan kamu supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus, dan yang berkenan kepada Allah; itu adalah ibadahmu yang sejati. Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah; apa yang baik, yang berkenan kepada Allah, dan yang sempurna.

6. Jadi, hidup seseorang pengIMAN Kristus itu bukan asal-asalan, bukan senaknya bikin-bikin dosa, bukan curi-curi isteri/suami orang lain seperti yang anda bayangkan. Tapi,'striving' untuk hidup kudus dan berkenan pada Allah serta membaharui kelakuan.

Amin.

Anonymous said...

http://www.suara-islam.com/read/index/14433/Pendeta-Saifuddin-Ibrahim--Murtadin-yang-Miskin-Bahasa-dan-Buta-Sejarah

Anonymous said...

82 PERSEN AYAT INJIL BUKAN SABDA YESUS

Untuk membuktikan sinyalemen Alquran bahwa Alkitab (Bibel) sudah dipalsukan, umat Islam tidak akan menuntut data-data yang detil seperti gugatan Pendeta Udin. Karena fakta dan data pemalsuan Bibel sudah sedemikian nyata dan jelas dan diakui sendiri oleh para pakar Bibel dari kalangan Kristen sendiri.

Misalnya kepalsuan Injil Matius, Injil Markus, Injil Lukas dan Injil Yohanes dibuktikan sendiri oleh 72 profesor dan pakar Bibel kaliber internasional yang tergabung dalam “The Jesus Seminar.” Dalam penelitian mereka, disimpulkan bahwa 82 persen kalimat yang redaksinya diucapkan Yesus di dalam kitab-kitab Injil, sebenarnya tidak pernah disabdakan oleh Yesus:

“Eighty-two percent of the words ascribed to Jesus in the Gospels were not actually spoken by him.” (Robert W Funk, Roy W Hoover, and The Jesus Seminar, The Five Gospels, What did Jesus Really Say?, hal. 5).

(Delapan puluh dua persen kalimat yang disebut-sebut sebagai ucapan Yesus dalam kitab-kitab Injil sebenarnya tidak pernah diucapkan oleh Yesus).

Para profesor dan ilmuwan Kristen itu begitu giat meneliti Bibel karena haus dan lapar akan kebenaran. Mereka menyimpulkan bahwa dalam Injil Bibel itu hanya 18 persen saja yang dianggap sebagai ucapan Yesus.

rizky kurniawan said...

Assalamualaikum
Hoax ini mah.
Tolong yg islam jngn malu²in agama pakai kata² kasar. Karena itu tidak bermakna
Terima Kasih🙇

Jove Wungow said...

Soal yang ini, para teolog (jutaan) anggap invalid:
“Eighty-two percent of the words ascribed to Jesus in the Gospels were not actually spoken by him.” (Robert W Funk, Roy W Hoover, and The Jesus Seminar, The Five Gospels, What did Jesus Really Say?, hal. 5).

Mengapa invalid? Perhatikan kata-kata 82% itu biased ke hipotetik si penulis. Anda tulis 72 professor, hal itu tak buktikan si penulis benar. Karena isi telusuran penelitiannya dari sisi seleranya yang ia biaskan ke intuisi semantic linguistic yang tak-tentu validitasnya.

Bukannya cuma penulis RW Funk yang bilang seperti yang anda bilangin Injil itu dusta isinya, banyak bahkan jutaan. Tapi Alkitab/Injil itu semakin kokoh, relevan, dan punya kuasa. Karena inti nya Kristus, Mesias, Isa Almasih, penegang kunci maut.

Semakin anda membabi buta bilang Injil itu omong kosong, semakin suara Isa Al Masih kuat bersuara: Marilah kepadaKu semua yang lelah letih lesu, Aku memberi sentosa kepadamu.

Syalom.

Afrid Gowun said...

Kelompok Jesus Seminar tdd 150 orang, didirikan thn 1985 oleh Robert Funk, dibawah sponsor cuma oleh Westar Institute. Kelompok seminar melanjuti aktifitas dgn kegiatan yg disebut Jesus Project, tapi cuma aktif thn 2008 to 2009.

Tak semua pengikut seminar akur sependapat menyatakan bahwa kegiatan seminar itu bersifat 'scholar' atau 'ilmiah'. Banyak ide mereka saling konflik atau berkelahi satu sama lain. Terbukti, tak-karuan konflik mereka itu harus di-furnished dengan cara bikin veto-veto, yang oleh beberapa ahli katakan mereka sendiri capek buktikan 'injil' versi mereka itu adalah yang paling benar.

Dua tokoh seminar, Robert Funk mati thn 2005, dan Marcus Borg mati thn ini 2015. Mereka preteli isi injil kanonik klasik, kemudian mencetak injil versi selera mereka yakni dengan buku-buku: The Five Gospels (1993), The Acts of Jesus (1998), and The Gospel of Jesus (1999).

Mereka 150 orang itu ciptakan Injil baru tentang Kristus versi selera mereka sendiri, dengan ramuan kayak saintifik, tapi palsu karena tak buktikan keilmiahan studi mereka sendiri. Representasi mereka tak akurat dan tak ilmiah. Sehingga injil mereka itu tak dapat dipercaya, sekalipun mereka berseminar dari state-ke-state di US, mereka tak mampu mematikan eksistensi Kristus yang sudah merakyat dan berakar di negeri Obama. Mereka tetap tak ampuh mengubah eksistensi Kristus yang solid-terang-kekal.
Garry Wills (2006),komentari ttg ulah Seminar itu mencoba preteli "the historical Jesus" itu persis sama dengan upaya "Finding New York City at the bottom of the Pacific Ocean".

Upaya yg sia-sia. New York itu kan letaknya bukan di Pacific Ocean; tapi di laut Atlantik.

Jadi, kalu orang Indonesia mo pake arguemntasi Jesus Seminar untuk hantam kredibilitas Injil Kristus, pikirin dulu, seblum anda nyatanya dikibulin oleh pengikut Jesus Seminar itu.

Mereka pake nama Jesus, dan se-akan akan mereka itu pakar alkitabiah yang valid dan benar. Hmm, blum tentu bung.

ignatius galuh said...

Ga bakalan ada abisnya kalian semua berdebat mSalah agama.apalgi saling menjatuhkan agama lain dan meninggikan agama kalian sendiri. Lbh baik qta bersama2 membangun dunia menjadi lbh baik. Hidup berdamai lebih indah..saling menghargai antar sesama. Krn qta semua adalah ciptaan Allah.qta semua bersaudara.. salam damai penuh cinta dr saya untuk kalian semua

Raidaf Veno said...

Halo Ignatius. Rasanya bung keliru menilai dengan katakan "kalian semua berdebat masalah agama apalagi saling menjatuhkan agama lain dan meninggikan agama kalian sendiri".

Yang didebatkan para pendebat terakhir dalam blog ini bukan masalah agama tapi masalah Isa Almasih atau Tuhan Yesus dipersoalkan sebagai Allah Penyelamat. Dan tak ada indikasi 'saling menjatuhkan' tapi 'saling memberi argumentasi penguat.

Jika bung katakana "qta semua adalah ciptaan Allah" tetapi bukan semuanya akur meyakini 'monotheistic' atau 'hanya ada satu-satunya TUHAN'.

Sekarang ini jutaan orang percaya bahwa tidak ada Allah, tidak ada satu2nya Tuhan; dan Tuhan yang ada dan yang dipercaya adalah 'SELF" atau 'diri-sendiri'. Paham eksistensialis macam ini pakarnya adalah Friedrich Nietzch, filosofer andalannya Hitler (pembunuh 6 juta Jewish people thn 1940-an) juga andalannya para ateis, karena Nietzch begitu tajam dan kuat filsafatnya katakan "God is dead", menyenangkan bagi banyak orang yg tak suka religius, dan yang tak suka hal-hal menyangkut Allah atau Tuhan.

Jadi, karna Allah itu dianggap 'sudah mati' maka diri eksistensi manusia-lah yang menjadi Tuhan. Sehingga filsafat globalisasi masakini yg mengikuti filosofis Nietzch akan semena-mena sebarkan ajaran "percaya diri pasti sukses", "percaya diri pasti safe", dan faktor kuasa Allah atau ilahi disepelekan atau dikesampingkan.

Juga, soal bung katakan "qta semua bersaudara", alasan dan dasar pijakannya apa? Jika bung setuju dengan Alkitab katakan kita ini bersaudara dalam Kristus, tentunya bung dapat pijakan argumentasi bung pada Surat Rasul Paulus 2 Korintus 5:17,

"Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru, yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang".

Artinya, siapa-siapa saja yang percaya-Kristus, mereka itu menjadi 'ciptaan-baru'. Tentunya, status mereka menjadi sama identitas di mata Tuhan, dalam arti menjadi satu dalam Kristus, yakni menjadi sesama dalam bersaudara sebagai Ciptaan-Baru dalam Kristus."

Saya pun ikut katakan bersama bung "salam damai penuh cinta dari saya untuk kalian semua (baik yang percaya-Kristus, yang mencari-Kristus, maupun yang belum-percaya bahkan yang mengecam-Kristus).

Anonymus said...

Rasa2nya tidak perlu kita berdebat..iman ada di dalam hati..biarkan saja pa sholeh hidup dengan pilihannya. ALLAH yang akan menentukan Syurga dan neraka untuk umatnya.., karena hanya Allah lah yg mengetahui perbuatan hambanya. ALLAH yang maha mengetahui, Pengasih dan Penyayang..., Syurga hak semua orang. Marilah kita jaga toleransi beragama..hidup berdampingan, saling menjaga kerukunan dan perdamaian.

Anonymus said...

Rasa2nya tidak perlu kita berdebat..iman ada di dalam hati..biarkan saja pa sholeh hidup dengan pilihannya. ALLAH yang akan menentukan Syurga dan neraka untuk umatnya.., karena hanya Allah lah yg mengetahui perbuatan hambanya. ALLAH yang maha mengetahui, Pengasih dan Penyayang..., Syurga hak semua orang. Marilah kita jaga toleransi beragama..hidup berdampingan, saling menjaga kerukunan dan perdamaian.

Chatreine virgian said...

Puji Tuhan pak atas kesaksiaannya. Sangat menyentuh. Semoga Tuhan Yesus selalu menyertahi bpk dan keluarga. Jangan pernah gentar menyebarkan firman Tuhan seindonesia bahkan se dunia ya pak. God bless you

Raidaf Veno said...

Damai kekal dari Kristus Tuhan menyertai kita skalian.
Yah, betul Chatreine!

Jangan pernah gentar sebarkan Firman Kristus...di dunia ini.
Tiada Tuhan selain Isa Alamsih.

Amin...Syalom bagi semua insan se-Tanah Air.

Unknown said...

Yang kekal adalah iman, iman adalah keyakinan..


Agama bukan untuk diperdebatkan dan bukan untuk diributkan, agama adalah simbol keyakinan untuk beriman kepada sang maha pencipta alam smesta beserta isinya..
Semua agama tidak pernah mengajarkan pertikaian, kerusakan, terhadap mahluk hidup lain nya..
Semua agama baik, slalu mengajarkan tentang kebaikan.. Tetapi berbeda beda cara untuk taat kepada tuhan nya yg masing masing kita yakini..
Semua agama mengajarkan cinta kasih sayang terhadap sesama manusia dan mahluk hidup lain nya, dan slalu mengajarkan untuk tetap menjaga keseimbangan alam..
Ketika orang lain melakukan kerusakan, kejahatan, dll yg merugikan mahluk hidup dan alam. Kita tidak bisa menghakimi bahwa agama yang mendoktrinisai nya, itu adalah kesalahan, karna itu semua terwujud dari pola pikir kejiwaan dari individual masing masing..
Dan semua agama slalu mengajarkan kebaikan dan cinta kasih sayang..
Al-quran, injil, jabur, dan taurot adalah pedoman nya, ke imanan tidak bisa Disamakan seperti logika karna logika bersifat pada akal (bisa jadi akal akalan), keimanan adalah rohani kita, yg menggerakan sistem hati dan pikiran kita menjadi satu (konkrit) dan yg bisa membedakan mana yg baik dan mana yang buruk..
Seseorang yang ingin mengenal tuhan nya terlebih harus sudah mempunyai iman dan keyakinan nya, lihat lah dan belajar dari diri kita sendiri dan belajar lah memahami dari mahluk hidup ciptaan nya dan terciptalah mental spiritual yang kokoh seperti baja dan mudah layu seperti kerupuk bila kita tidak menjalani kewajiban kita terhadap tuhan..

Saya cukup terkesan dengan curhatan perjalanan suatu keyakinan yang tertulis di blog ini, semoga ALLAH SWT slalu membimbing saya didalam perjalanan hidup dan sampai akhir hidup saya.. Amin

Afrid Gowun said...

Sekitar 700 tahun Sebelum Masehi, yakni sekitar 300 tahun sebelum filosofer Plato dan muridnya Aristotle lahir, filsuf kaliber hi-tech ISAIAH prediksikan secara akurat tentang lahirnya ISA ALMASIH.

Isaiah juluki Isa ALMASIH, justru bukan sekedar julukan for manusia tapi sebagai TUHAN atau ELOHIM (Allah).

Dalam tulisan hi-tech ia titel-kan Kristus itu Wonderful, Counselor, Mighty God, Everlasting Father, Prince Of Peace (Isaiah 9:5).

Hampir 100 tahun sesudah Kristus lahir, filsuf kaliber hi-tech lainnya JOHN dalam tulisannya Revelation 2:18 ia kutipkan pernyataan intercosmic Kristus 'Aku telah mati namun aku hidup selamanya. Aku memegang kunci maut dan kerajaan maut.

Sekitar 300 tahun sesudah Kristus, satu2nya pejabat Emperor Romawi yakni Constantin the Great umumkan dirinya menjadi percaya-Kristus.

2000 tahun sesudah Kristus, Saifuddin Ibrahim nyatakan via blog ini sebagai muslim-percaya Kristus.

Bagi saya pribadi tak perlu ada orang jadikan isu ini sebagai pemicu konflik antar agama. Hargailah 'dignity' dan 'privilige' tiap orang; tak perlu ribut atau kecam orang yg putuskan alih agama.

Dengan hargai harkat sesama kita bangun suasana aman bernegara berbangsa setanah air.

Syalom

Adi Sutjipto sadak said...

Anomymous terkasih, Yesus berkata: Akulah jalan, kebenaran dan hidup, rasa seorangpun sampai kepada Bapa kecuali melalui hidup. Artinya dia mendeklarasikan diri sebagai jalan, kebenaran dan kehidupan. Nabi mana yg pernah berani mendeklarasikan dirinya seperti itu. Selain itu banyak mukjizat yg telah dia buat, seperti orang buta bisa melihat, tuli menjadi mendengar, lumpuh bisa berjalan kembali, diracik setan sembuh hanya dengan sekali perintah bahkan orang yg sudah mati tiga hari dihidupkan kembali dan itu semua disaksikan oleh orang banyak. Adakah nabi lain yg dapat melakukan mukjizat semacam itu?. Bukankah dalam al'quran Yesus diberi gelar yang memberi kehidupan, sedangkan muhamad yang menerima kehidupan, jadi sama dengan kita sebagai penerima kehidupan. Dan yg menerima kehidupan dapat mati pada waktunya, sama seperti kita. Jadi kamu pilih yg mana? yg memberi kehidupan oleh karena Dia kekal adanya, atau yg hanya sekedar menerima kehidupan dan ketika kehidupan itu diambil oleh yg memberi darinya maka iapun akan mati?.

Adi Sutjipto sadak said...

Anomymous terkasih, Yesus berkata: Akulah jalan, kebenaran dan hidup, rasa seorangpun sampai kepada Bapa kecuali melalui hidup. Artinya dia mendeklarasikan diri sebagai jalan, kebenaran dan kehidupan. Nabi mana yg pernah berani mendeklarasikan dirinya seperti itu. Selain itu banyak mukjizat yg telah dia buat, seperti orang buta bisa melihat, tuli menjadi mendengar, lumpuh bisa berjalan kembali, diracik setan sembuh hanya dengan sekali perintah bahkan orang yg sudah mati tiga hari dihidupkan kembali dan itu semua disaksikan oleh orang banyak. Adakah nabi lain yg dapat melakukan mukjizat semacam itu?. Bukankah dalam al'quran Yesus diberi gelar yang memberi kehidupan, sedangkan muhamad yang menerima kehidupan, jadi sama dengan kita sebagai penerima kehidupan. Dan yg menerima kehidupan dapat mati pada waktunya, sama seperti kita. Jadi kamu pilih yg mana? yg memberi kehidupan oleh karena Dia kekal adanya, atau yg hanya sekedar menerima kehidupan dan ketika kehidupan itu diambil oleh yg memberi darinya maka iapun akan mati?.

CV. MUTIARA said...


قُلْ إِنْ كُنْتُمْ تُحِبُّونَ اللَّهَ فَاتَّبِعُونِي يُحْبِبْكُمُ اللَّهُ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَاللَّهُ غَفُورٌ رَحِيمٌ

Katakanlah: "Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku(Muhammad saw), niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu." Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.QS.Ali Imran :31
Nabi isya di utis hanya kepada bani israil dan wajib diikuti hanya pada zamannya saja, setelah nabi akhir zaman diutus maka kita wajib mengikuti nabi akhir zaman tersebut...

JENNY said...

Saya Jenny Aaron dari United State, saya sangat bangga dan senang berada di sini berbagi ini ulasan yang luar biasa, mengagumkan dan luar biasa dari pekerjaan Anda Dr Oguma. Aku hanya tidak bisa percaya ini sekarang mantan kekasih benar-benar kembali ke saya hari ini, cintaku Karrie adalah lutut menyajikan memohon saya untuk membawanya kembali dan ia merasa menyesal dan maaf untuk meninggalkan saya dan untuk menyebabkan saya sakit setelah dia meninggalkan saya yang adalah 3 tahun ago.On hari setia saya browsing mencari solusi on-line, saya melihat begitu banyak testimonial tentang Dr Ebhoselozala tentang bagaimana ia membantu banyak orang untuk memulihkan hubungan dan menyelesaikan masalah pernikahan, Setelah membaca semua ini, saya memutuskan untuk Cobalah. Saya menghubungi dia melalui email [ebhoselozalaspellcaster@gmail.com] dan menjelaskan masalah saya padanya. Hanya dalam 24 jam, mantan kekasih datang kembali ke saya. Kami diselesaikan masalah kami, dan kami lebih bahagia dari sebelumnya. Dr Ebhoselozala Anda adalah orang yang berbakat dan saya tidak akan berhenti menerbitkan karena ia adalah pria yang luar biasa. Jika Anda memiliki masalah dan Anda mencari mantra kastor nyata dan asli, Coba dia kapan saja, ia adalah jawaban untuk masalah Anda. Anda bisa menghubunginya di email ini: [ebhoselozalaspellcaster@gmail.com] Nomor +2348139111732

Afrid Gowun said...

Hi Jenny

Anda tu keblinger.
Nda tau diri.
If you really from US, psikiater tentu diagnosiskan anda itu schizophrenic.
Cabutlah frasa anda dari blog ini.
Nuansa kau gile guli tak pantas disini...

antony utopia said...

Tobat lah kalian semua yang membeci yesus dan umatnya , tobatlah semoga tuhan allah bapa yang agung memberi pengampunan kepada kalian dan kesempatan untuk bertobat , ingatlah janganlah kalian fanatik dengan lain karena dosa kalian akan dipertimbangkan saat hari itu tiba !!

Nur Hidayana said...

Pak abraham...tlg inbox ke saya saya sangat ingin masuk kristen.satu bulan ini sy gelisah karna sy mimpi disuruh masuk kristen.setiap hari sy pelajari iman kristen bdn sy gemetar hebat

istana bangkok said...

Bagimu agama mu...bagiku agamaku...
Klo mau pindah agama ya pindah ajj...tpi ga usah jelek"in agama org lain...mau lw dri islam ke kristen..hindu atau budha atau mau nyembah jamban...itu urusan lw...yg pnting ga usah jelek"in agama lain...

istana bangkok said...

Bagimu agama mu...bagiku agamaku...
Klo mau pindah agama ya pindah ajj...tpi ga usah jelek"in agama org lain...mau lw dri islam ke kristen..hindu atau budha atau mau nyembah jamban...itu urusan lw...yg pnting ga usah jelek"in agama lain...

Afrid Gowun said...

Selamat pagi Indonesiaku.
Cerahlah sebangsa seTanah Air

Tiada Tuhan selain Isa Almasih
2000 tahun lalu filosofer hitech, Yohanes, di pulau Patmos, salurkan katakata Isa Almasih,

I am the Alpha and the Omega
Who is and who was and who is to come,
the Amighty. (Revelation 1:8)

Isa Almasih adalah Kristus
yang ADA,
yang SUDAH ADA,
yang AKAN DATANG,
Sang Maha Kuasa

Dialah TUHAN di setiap zaman, segala tempat, dan bagi setiap umat....

nelson hasibuan said...

Shalom pak Abraham yang baik, saya telah membaca kesaksian bapak. Puji Tuhan bapak dan keluarga sudah dalam Tuhan Yesus Kristus, sehingga mendapatkan kebenaran seutuhnya. Saya bangga dan kagum akan karya Yesus dalam hidup bapak. Tetap maju dalam Yesus pak Abraham. Bapak, bolehkah saya mau berkomunikasi dengan bapak, lewat telpon atau e-mail? Nomor telpon saya 081214833940. E-mail saya hasibuan.nelson@gmail.com. Terima kasih dan Yesus memberkati. Salam hangat, Nelson Hasibuan

Riya Zahra said...

Astagfirullah....

Anonymous said...

Sumpah Gue kasian ama istrinya
Sialan loe Abraham ngapain loe nyebar nyebarin cerita loe...
Ngajak orang jadi Murtad yee
Dasar kebanyakan Onani...

Anonymous said...

Tiada tuhan selain "Allah!"

khairul anwar al bayan said...

Malahan iman sy goyah ketika yesus mengatakan"hukum paling utama wahai israel TUHAN ALLAH kita tuhan itu esa.

hukum ke dua kasihilah sesamamu.

dlm islam ada hubungan antara manusia dngn allah dan manusia dngn manusia.

sy heran yesus panggil tuhan padahal dia tuhan?

pada ayat BILANGAN 23:19 allah bukan MANUSIA,DAN ANAK MANUSIA.
sy berpikir malah yesus mengajarkan agama islam.

ALLAH MEMBERIKU HIDAYAH mnjadi muslim yesus tdk pernah beragama kristen dan tdk mengenal kristen.

allah memberi petunjuk yg dia khndaki dan allah menyesatkan yg ia khendaki.

ALHAMDULILLAH

khairul anwar al bayan said...

YESUS TDK MENGENAL KRISTEN TPI YESUS MENGENAL ISLAM.

SY DULU MENGIMANI YESUS SEBAGAI TUHAN NUMUN SETELH SY BACA AYAT ALKITAB MALAHAN AJARAN SY DPT ADALH AJARAN ISLAM.
DAN,ADAPUN AYAT YG MEMBUAT SY JENGKEL KRNA TUHAN MENGANGGAP MANUSIA ITU KAMBING DOMBA.

alkitab"WAHAI SEKALIAN DOMBA DOMBAKU YG HILANG.


alquran"WAHAI SEKAKALIAN MANUSIA.
. "WAHAI ORNG ORNG YG BERIMAN.


ALQURAN BERKATA SOPAN.

ALKITAB BERKATA JELEK

Amanda smith said...

Nama saya Amanda Smith. Saya ingin berbagi kesaksian saya dengan masyarakat tentang apa yang orang ini bernama Dr.Ajakaja hanya melakukan untuk saya, pria ini baru saja dibawa kembali sukacita ke rumah saya dan hidup saya secara pribadi saya mendengar itu sebelumnya dan saya meragukan dia, tetapi ketika saya mencoba memberikannya pada ketidakmampuan saya untuk memiliki bayi saya sendiri dan mendapatkan hamil bagi orang yang menikah disebut Mr.Kenny bersama-sama untuk waktu yang lama dan kita cintai diri kita, tetapi ketika aku tidak mampu untuk memberinya dua tahun, ia membiarkan saya dan mengatakan kepada saya bahwa ia tidak bisa lagi melanjutkan, jadi sekarang saya sedang mencari cara untuk mendapatkannya kembali sampai seorang teman saya bercerita tentang orang ini dan memberi kontak Anda melalui email:
(Ajakajatemple1@gmail.com)
maka Anda tidak akan percaya ketika saya menghubungi dia, terima kasih lagi untuk Dr.Ajakaja besar untuk apa yang telah Anda lakukan untuk saya, jika Anda berada di luar sana akan melalui salah satu masalah ini tercantum di bawah ini:
1) Jika Anda ingin kembali mantan Anda.
(2) jika Anda pernah mengalami mimpi buruk.
(3) Anda ingin dipromosikan di kantornya.
(4) Anda ingin wanita / pria berjalan di belakang Anda.
(5) Jika Anda ingin anak.
(6) Anda ingin menjadi kaya.
selamanya Anda.
(8) Jika Anda membutuhkan bantuan keuangan.

Dr Nazeem said...

Apakah Anda akan melalui masa sulit dalam hidup Anda sekarang dan Anda Perlu bantuan ilahi untuk solusi yang langgeng?
Email saya di drnazeemspelltemple@gmail.com jika Anda tahu Anda lakukan INI Berikut nasib;
(1) Apakah Anda menyukai mantan Anda?
(2) Apakah Anda selalu memiliki mimpi buruk?
(3) Mau Dipromosikan di tempat kerja Anda?
(4) Apakah Anda Ingin perempuan / laki-laki berjalan setelah Anda?
(5) Ingin anak Anda?
(6) Ingin menjadi kaya?
(7) Apakah Anda Ingin Suami / istri menjadi milik Anda selamanya?
(8) Butuh bantuan keuangan?
(9) Ingin kembali uang Anda hilang?
(10) Apakah Anda Ingin menghentikan perceraian Anda?
(11) Apakah Anda ingin bercerai?
(12) Apakah Anda Ingin Setiap keinginan Anda untuk Diberikan oleh siapa?
(13) mantra menyembunyikan bayi kehamilan Perlu?
(14) Apakah Anda menemukan kesulitan untuk memenangkan kasus di pengadilan?
(15) Apakah Anda Ingin menghentikan pernikahan atau hubungan atau untuk istirahat.
(16) Apakah Anda Ingin menikah pasangan Anda secepat mungkin?

Sekali lagi, alamat email saya adalah drnazeemspelltemple@gmail.com

Segera hubungi saya untuk menyelesaikan semua masalah Anda dan situasi dalam hitungan hari.
DR. Naze ...

Dr Nazeem said...

Apakah Anda akan melalui masa sulit dalam hidup Anda sekarang dan Anda Perlu bantuan ilahi untuk solusi yang langgeng?
Email saya di drnazeemspelltemple@gmail.com jika Anda tahu Anda lakukan INI Berikut nasib;
(1) Apakah Anda menyukai mantan Anda?
(2) Apakah Anda selalu memiliki mimpi buruk?
(3) Mau Dipromosikan di tempat kerja Anda?
(4) Apakah Anda Ingin perempuan / laki-laki berjalan setelah Anda?
(5) Ingin anak Anda?
(6) Ingin menjadi kaya?
(7) Apakah Anda Ingin Suami / istri menjadi milik Anda selamanya?
(8) Butuh bantuan keuangan?
(9) Ingin kembali uang Anda hilang?
(10) Apakah Anda Ingin menghentikan perceraian Anda?
(11) Apakah Anda ingin bercerai?
(12) Apakah Anda Ingin Setiap keinginan Anda untuk Diberikan oleh siapa?
(13) mantra menyembunyikan bayi kehamilan Perlu?
(14) Apakah Anda menemukan kesulitan untuk memenangkan kasus di pengadilan?
(15) Apakah Anda Ingin menghentikan pernikahan atau hubungan atau untuk istirahat.
(16) Apakah Anda Ingin menikah pasangan Anda secepat mungkin?

Sekali lagi, alamat email saya adalah drnazeemspelltemple@gmail.com

Segera hubungi saya untuk menyelesaikan semua masalah Anda dan situasi dalam hitungan hari.
DR. Naze ...

Rony Aziz said...

Allahu akbar lailahaillah

Rony Aziz said...

Islam is the best

sofia bernald said...

Hello Nama saya bernald sofia, dari Indonesia ,. dan saya sangat senang untuk posting di blog ini tentang bagaimana mantra kastor besar membantu saya dalam membawa kembali cinta dalam hidup saya. Saya tahu ada banyak wanita seperti saya di luar sana yang telah melakukan begitu banyak untuk memiliki kembali Suami mereka, aku di sini untuk memberitahu Anda semua untuk mencari lagi karena jawabannya ada di sini. Aku sangat percaya jika ada yang sampai lima kastor mantra seperti Dr Abali dunia ini akan menjadi tempat yang lebih baik, saya telah melihat orang-orang mengeluh tentang bagaimana palsu kasta mantra berjanji untuk membantu mereka tapi tidak tapi dengan Dr bisa abalil saya memberitahu Anda masalah Anda dipecahkan sudah. Suami saya dan saya telah terpisah selama 3 bulan dan saya tidak tahan tanpa hidup tanpa dia, saya telah mencoba segalanya untuk memiliki dia kembali tapi tidak ada yang bekerja sampai aku melihat banyak kesaksian tentang kastor mantra disebut Dr Abali dan betapa besar karyanya aku s. Saya menghubungi dia melalui email (drabalilovespell1@gmail.com) segera dan ikuti langkah bahwa ia bertanya dan dalam 48 jam ke depan kekasih saya menelepon saya dan sangat ingin untuk pengampunan saya dan bahwa ia ingin tidak lebih dari untuk memiliki saya dalam pelukannya selamanya . Aku mengisi begitu banyak sukacita dan kebahagiaan yang saya temukan Dr Abali Saya harap Anda semua di sini akan menemukan kesaksian saya ini dan mendapatkan suami Anda kembali hanya 48 jam terima kasih ... hubungi emailnya: drabalilovespell1@gmail.com atau Anda dapat memiliki nya nomor, meskipun bersifat pribadi dia, +2348168782773, memberitahu Dr Abali sofia bernald wasit Anda padanya terima kasih.

Anonymous said...

Tuhan terimakasih pada saat ini ada seorang yang mau menerima mu oleh karena iman.. Bapa jamalah hati mereka yang menentang ajaranmu... jamalah hati mereka agar dapat menerimaMu dengan setulus hati. Terimakasih ya yesus.. karena tulisan ini dapat menguatkan iman saya bahwa Engkaulah Allah yang benar... amin

adityallen pratama said...

dan gue cuma bisa bilang "o aja ya kan"